Rabu 17 Jul 2019 18:45 WIB

Wayang Orang Sriwedari Pentaskan Mahabharata Adirata

Pada 20 Juli, Wayang Orang Sriwedari tepat berusia 109 tahun.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Yusuf Assidiq
Wayang Orang Bharata
Wayang Orang Bharata

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wayang Orang Sriwedari tepat berusia 109 tahun pada 20 Juli 2019. Dalam merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-109, kelompok kesenian tersebut bakal menggelar pementasan wayang orang dengan cerita Mahabharata Adirata yang bersumber dari kisah Mahabharata, di Gedung Wayang Orang (GWO) Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu (20/7) pukul 18.30 WIB.

Koordinator Wayang Orang Sriwedari, Agus Prasetyo, mengatakan, lakon Mahabharata Adirata akan menampilkan rangkaian kisah Pandawa dari awal perjuangan sampai mereka memenangkan perang Baratayudha. Menurutnya, tahun ini bagi Wayang Orang Sriwedari sangat vital menghadirkan ulang tahun dalam sebuah perayaan akbar.

Sebab, beberapa waktu lalu Pemerintah Kota (Pemkot) berencana melakukan pembangunan GWO yang baru. Meskipun, sampai saat ini belum bisa terlaksana. Ia berharap, pementasan tersebut bisa menjadi penggugah semangat dan sebagai dukungan moral kepada Wali Kota yang berkomitmen tinggi terhadap eksistensi Wayang Orang Sriwedari.

"Pentas nanti  melibatkan seniman-seniman dari luar Sriwedari, di antaranya dari Institut Seni Indonesia Solo, SMK Negeri 8, Wayang Orang RRI, Sanggar Swargaloka di Jakarta, beberapa seniman dari daerah seperti Sragen dan lainnya," ujar Agus, saat jumpa pers di Balai Kota Solo, Rabu (17/7).