Kamis 18 Jul 2019 16:01 WIB

Dua Pertimbangan Bank Indonesia Turunkan Suku Bunga Acuan

Bank Indonesia menurunkan suku bunga acuan menjadi 5,75 persen

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Suku bunga Bank Indonesia
Foto: IST
Suku bunga Bank Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan atau  BI 7-day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin menjadi 5,75 persen. Selanjutnya Bank Indonesia juga menurunkan suku bunga Deposit Facility sebesar 25 bps menjadi sebesar 5 persen dan suku bunga Lending Facility sebesar 25 bps menjadi 6,5 persen.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan kebijakan penurunan tersebut sejalan dengan rendahnya prakiraan inflasi dan perlunya mendorong momentum pertumbuhan ekonomi, di tengah kondisi ketidakpastian pasar keuangan global yang menurun dan stabilitas eksternal yang terkendali.

Baca Juga

“Seluruh kebijakan Bank Indonesia diarahkan menjaga momentum pertumbuhan ekonomi. Kami melakukan ini (penurunan suku bunga acuan) karena yakin inflasi akan rendah pada tahun ini dan tahun depan. Pada tahun ini inflasi berada di bawah titik tengah sasaran 3,5 persen,” ujarnya saat konferensi pers di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (18/7).

Menurut Perry, rendahnya inflasi tahun ini dan menjaga momentum perekonomian Indonesia merupakan dua pertimbangan Bank Indonesia menurunkan suku bunga acuan. Mengingat Bank Indonesia sudah delapan bulan mempertahankan suku bunga acuan pada level 6 persen.