Selasa 23 Jul 2019 11:21 WIB

Olahraga Polo, Seperti Apa Cara Bermainnya?

Pada abad ke-7 permainan polo telah menyebar di sepanjang Jalur Sutra

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Olahraga Polo
Foto: Wikipedia
Olahraga Polo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Dr Abdelrahman Abbar, seorang pengacara dan penggemar berat polo menjelaskan tentang pengaturan kuda, tongkat pemukul, dan bola dalam permainan ini. Penjelasannya pun sedikit mengerikan. Ia menyebut, saat para pejuang dari Asia Tengah berperang, barang siapa berhasil membunuh jenderal musuh, berarti kelompok tersebut menang.

"Jadi, sang pemenang akan membawa kepala jenderal musuh dan dipamerkan ke pada pasukan yang kalah. Namun, saat masa damai, mereka akan berlatih dengan kepala kambing atau domba," ujarnya.

Baca Juga

Di Gilgit, ibu kota Baltistan Utara saat ini, tepatnya di Pegunungan Karakoram, sistem perang yang kejam itu berevolusi menjadi sebuah permainan yang lebih aman dan familier seperti yang kita kenal saat ini.

Dr Abbar menyebut, mereka menyiapkan lahan berukuran 150x100 meter sebagai lapangan untuk bermain. Permainan ini meng gunakan kepala domba atau kambing, dan pihak mana pun yang memegang kepala hewan tersebut di akhir permainan akan menjadi pemenangnya.