Selasa 30 Jul 2019 05:25 WIB

Siswi SD di Yogyakarta akan Divaksin HPV Gratis

Pemberian vaksin HPV dilakukan pada siswi kelas 5 dan dilanjutkan saat kelas 6.

Red: Ani Nursalikah
 vaksin kanker serviks
Foto: EPA / MICK TSIKAS
vaksin kanker serviks

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta akan memberikan vaksin HPV secara gratis kepada siswi kelas 5 SD pada tahun ini. Pemberian vaksin dilanjutkan pada tahun berikutnya saat siswi tersebut duduk di bangku kelas 6 SD.

"Ini adalah program nasional. Selain Kota Yogyakarta, program pemberian vaksin HPV gratis ini juga akan dilakukan di Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Sleman," kata Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Menular dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Endang Sri Rahayu di Yogyakarta, Senin (29/7).

Baca Juga

Menurut dia, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta masih mendata jumlah siswi kelas 5 SD yang akan menjadi sasaran program pemberian vaksin HPV gratis. Pendataan diharapkan rampung pada September karena pemberian vaksin dijadwalkan dilakukan pada November.

Endang menyebut, vaksin HPV untuk mencegah infeksi human papillomavirus penyebab kanker serviks efektif bekerja saat remaja dan belum terpapar kegiatan seksual dibanding jika vaksinasi dilakukan saat sudah dewasa. "Pemberian vaksin hanya dilakukan untuk siswi saja, tidak untuk siswa," katanya.