Selasa 30 Jul 2019 08:32 WIB

Tips Sederhana Agar Sendok Kayu Bertahan Lama

Setelah memasak segera cuci sendok masak dari kayu.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Indira Rezkisari
Sendok masak kayu dan alat masak dari kayu lainnya.
Foto: Flickr
Sendok masak kayu dan alat masak dari kayu lainnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sodet atau sendok penggorengan berbahan kayu banyak dipilih oleh untuk alat memasak. Selain terbuat dari bahan alami, sendok kayu juga tidak akan menggores permukaan wajan, melepaskan bahan kimia atau menghantarkan panas ke tangan.

Meski demikian, karena sendok kayu sangat fleksibel, penggunaan yang cukup sering dapat menyebabkan keausan lho. Nah bagaimana caranya supaya sendok kayu tetap layak dan awet? Berikut tips sederhana, dilansir Taste of Home, Selasa (30/7).

Baca Juga

1. Cuci dengan tangan

Setelah digunakan memasak, segeralah cuci sendok kayu dengan air sabun hangat untuk mencegah noda. Tepuk-tepuk sendok dengan handuk lalu biarkan hingga benar-benar kering sebelum menyimpannya.

Jangan diamkan sendok kayu terlalu lama di dalam air karena kayu akan menyerap air, mengembang dan kemudian berkontraksi saat mengering dan dapat menyebabkan retakan. Juga, jangan pernah sesekali memasukkan sendok kayu ke mesin pencuci piring. Uap dan siklus kering dapat memecahkan kayu.

2. Taburi garam atau soda kue

Jika sendok kayu terkena noda dan air sabun, maka akan sulit bersih. Sekarang saatnya mengambil beberapa bahan dapur untuk mengangkat noda. Taburkan garam ke sendok kayu yang dipenuhi noda dan gosok dengan lemon.

Dengan cara itu, tidak hanya akan menghilangkan noda yang membandel, tetapi juga akan membuat semuanya tetap segar. Bilas dengan air dingin dan keringkan.

Selain garam, paduan soda kue dan air juga bisa dijadikan alternatif penghilang noda. Untuk penggosok, bisa gunakan lemon yang sudah dibelah dua. Soda kue sangat bagus untuk menetralkan asam organik.

Perlu diingat juga, jika sendok ternoda, itu tidak berarti kotor. Bahkan noda yang membandel, seperti yang berasal dari saus tomat atau kunyit, pada akhirnya akan memudar seiring waktu.

3. Oleskan minyak bearoma netral

Jika dengan garam dan soda kue masih gagal menghilangkan noda, bisa gunakan amplas untuk menggosok noda pada sendok kayu. Selain itu, bisa juga mencoba menggunakan minyak beraroma dan berasa netral seperti minyak biji anggur.

Ingat, jangan gunakan minyak zaitun atau minyak sayur untuk membersihkan noda. Setelah itu, masukkan ke dalam oven selama dua hingga tiga menit.

Rutin mengolesi minyak kemudian membersihkannya merupakan ide bagus. Trik itu akan membantu sendok kayu bertahan lama dan terawat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement