Rabu 31 Jul 2019 14:56 WIB

Mantan Presiden El Salvador Kini Warga Negara Nikaragua

Mauricio Funes dituduh melakukan penggelapan dan pencucian uang.

Red: Ani Nursalikah
Mantan presiden El Salvador Mauricio Funes sudah mendapatkan kewarganegaraan Nikaragua.
Foto: REUTERS/Ulises Rodriguez
Mantan presiden El Salvador Mauricio Funes sudah mendapatkan kewarganegaraan Nikaragua.

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY -- Mantan presiden El Salvador Mauricio Funes sudah mendapatkan kewarganegaraan Nikaragua, menurut keputusan yang dipublikasikan di lembaran negara Nikaragua, Selasa (30/7). Pemberian kewarganegaraan itu tampaknya akan menyulitkan upaya El Salvador membawa Funes pulang untuk menghadapi tuduhan penggelapan dan pencucian uang.

Undang-undang Nikaragua mengatur tidak ada warga negara yang diperbolehkan diekstradisi. Presiden El Savador Nayib Bukele, yang pada Juni mulai menjalankan periode jabatannya, telah menyatakan tekad membawa Funes kembali ke negaranya dalam waktu 90 hari pertama ia menjabat.

Baca Juga

Kantor Bulele belum menanggapi permintaan untuk berkomentar. Kejaksaan El Salvador mengatakan Funes, yang memimpin pemerintahan El Salvador antara 2009 dan 2014, dituduh melakukan penggelapan dan pencucian uang senilai 351 juta dolar AS (sekitar Rp 4,9 triliun).

Mantan presiden beraliran kiri itu sudah tinggal di Nikaragua sejak 2016. Ia mengatakan dirinya adalah korban serangan politik yang digerakkan oleh kalangan bisnis dan konservatif di El Savador. Istri Funes serta anak-anak mereka juga mendapat kewarganegaraan Nikaragua, menurut penerbitan pemerintah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement