Kamis 01 Aug 2019 19:04 WIB

Kota Assos Turki, Situs Tua Berusia 3.000 Tahun yang Unik

Turki akan melakukan eksplorasi ke Kota Assos.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Kota tua Assos, Turki
Foto: Daily Sabah
Kota tua Assos, Turki

REPUBLIKA.CO.ID, CANAKKALE – Para peneliti memperkirakan kota kuno Assos di Provinsi Canakkale, Turki pernah dihuni selama sekitar 3.000 tahun lalu. Kota kuno Assos berada di sebuah bukit berbatu yang menghadap ke laut Aegea, Provinsi Canakkale, Turki. 

Kota kuno itu diteliti pertama kali pada 1800 oleh para peneliti Amerika. Meski demikian para arkeolog Turki baru memulai penggalian pada 1981. 

Baca Juga

“Kota kuno Assos yang terletak di barat laut Turki dihuni sekitar 3.000 tahun sejak pertama kali didirikan,” kata para peneliti yang mempelajari kota itu seperti dilansir Daily Sabah pada Kamis (1/8).   

Kepala tim penggalian kota kuno Assos, Nurettin Aslan, mengatakan pihaknya akan melakukan upaya besar untuk melakukan  penggalian jalur jalan di kota Assos. 

Dia juga berencana menyelesaikan penggalian sebuah penginapan atau ikselelon. “Kami juga berencana melakukan penelitian dan penggalian di tempat-tempat suci terbuka,” katanya.  

Aslan mengungkapkan kota kuno Assos memiliki gedung pertemuan, teater kota yang  tertua dari jenisnya. Dia mengungkapkan orang-orang dulu tinggal di kota itu sejak awal berdirinya dimana Desa Behramkale yanh ada saat ini menjadi desa penghubung terakhir.   

Menurutnya pengunjung yang datang ke kota kuno Assos bisa menikmati budaya desa itu. Sementara dermaga kuno di Assos juga menjadi salah satu pelabuhan langka yang masih digunakan sampai sekarang. “Dengan struktur alami, budaya desa, reruntuhan, dan pelabuhan kuno, Assos adalah pusat yang menarik banyak wisatawan setiap tahunnya,” katanya. Andrian Saputra

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement