Jumat 02 Aug 2019 10:25 WIB

Sultan Alauddin Penyebar Agama Allah di Tanah Bugis

etelah Sultan Alauddin menjadi Muslim, Islam menjadi agama kerajaan.

Red: Agung Sasongko
Balla Lompoa atau istana Kerajaan Gowa
Foto: Youtube
Balla Lompoa atau istana Kerajaan Gowa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di wilayah timur nusantara ada pula kerajaan besar, yakni Kerajaan Gowa. Berdiri pada 1300-an, kerajaan ini memainkan peran penting terkait masuknya Islam di tanah Sulawesi, utamanya pada masa pemerintahan Raja Gowa XIV bernama I Manga’rangi Daeng Manrabbia.

Ia adalah raja pertama Kerajaan Gowa yang menerima Islam dan membiar kan Islam berkembang di Sulawesi Selatan untuk menggantikan animisme, kepercayaan yang dianut masyarakat setempat sebelum Islam hadir.

Berkuasa pada 1593-1639 M, I Manga’rangi Daeng Manrabbia akhirnya memeluk Islam. Ia pun menjadi raja Gowa pertama yang memeluk agama Allah dan mendapat gelar Islam, yakni Sultan Alauddin. Belakangan, perdana menteri dan pejabat kerajaan lainnya mengikuti jejak sang sultan memeluk Islam.

Setelah menyandang gelar sultan, dalam menjalankan pemerintahan, Sultan Alauddin dibantu sebuah dewan yang disebut Kasuwiyang Salapanga (Majelis Sembilan) atau Bate Salapanga. Sedangkan, dalam menjalankan undang-undang pemerintahan, ia diawasi oleh paccalaya (hakim).