Senin 05 Aug 2019 07:19 WIB

Baznas dan LAZ Bantu Penumpang KRL Terdampak Listrik Padam

Baznas membuka posko layanan untuk penumpang KRL yang terdampak pemadaman listrik.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nidia Zuraya
Penumpang mengantre untuk menukarkan tiket Kereta Rel Listrik (KRL) ketika adanya pemadaman listrik, Stasiun Manggarai, Jakarta, Ahad (4/8).
Foto: Republika/Prayogi
Penumpang mengantre untuk menukarkan tiket Kereta Rel Listrik (KRL) ketika adanya pemadaman listrik, Stasiun Manggarai, Jakarta, Ahad (4/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pascapadamnya listrik di sejumlah wilayah di Jakarta, Banten, Bogor, Tangerang dan Bekasi, Baznas dan LAZ bergerak membantu penumpang kereta yang tersedat akibat sempat berhenti operasinya kereta listrik. Hal ini tampak pada aktivitas di Stasiun Kereta Api Bogor.

Direktur Utama Baznas, Arifin Purwakananta menyatakan, bantuan Baznas ini menyasar kelompok rentan seperti orang tua atau jompo, anak-anak, ibu hamil, orang sakit, orang dengan disabilitas. Lalu juga memberikan bantuan bagi keluarga miskin yang mebutuhkan pertolongan, pascamatinya listrik yang mengakibatkan lumpuhnya transportasi, matinya layanan sejumlah minimarket, ATM, dan lainnya.

Baca Juga

“Baznas ingin membantu meringankan beban orang orang yang kesulitan dalam perjalanan yang membutuhkan bantuan dari dana zakat yang tekah diberikan oleh masyarakat”, kata Arifin dalam keterangan tertulisnya, Ahad (4/8).

Di Stasiun Bogor, tampak Empat petugas Layanan Aktif Baznas memberikan bantuan informasi, bantuan konsumsi kepada penumpang yang membludak menunggu jadwal kereta untuk sampai ke lokasi tujuannya. Baznas sengaja membuka posko layanan kepada masyarakat, yang terdampak padamnya listrik total serempak di berbagai wilayah ini.

Para penumpang yang membutuhkan bantuan berupa informasi perjalanan, kebutuhan konsumsi, atau kebutuhan charging baterai ponsel atau juga kebutuhan ongkos perjalanan dapat dibantu oleh Posko Layanan Baznas ini.

Arifin berharap, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten dan Kota serta LAZ di wilayah terdampak, dapat mengambil peran membantu mereka yang membutuhkan. Selain Baznas, sejumlah LAZ juga memberikan layanan kepada mereka yang membutuhkan pertolongan.

Salah satunya adalah LAZ HARFA Banten yang memberikan bantuan kepada mereka yang menunggu kereta beroperasi, selama matinya listrik sepanjang siang hingga malam kemarin.

Direktur LAZ HARFA Banten, Indah Prihanande menjelaskan, LAZ HARFA memberikan layana pijat gratis untuk lansia di Stasiun Kereta Api Tanah Abang. “Layanan pijat gratis ini memanfaatkan kursi pijat yang oleh LAZ HARFA dipakai untuk membantu mereka yang kelelahan ketika menunggu perjalanan kereta,” kata dia.

Pelayanan yang diselenggarakan Baznas dan LAZ HARFA mendapat apresiasi dari masyarakat. Mereka sangat berterima kasih ada pelayanan ini terlebih ketika benar-benar dibutuhkan. Sampai rilis ini dibuat, jalur kereta dari dan ke Stasiun Bogor dan Tanah Abang telah dapat berjalan normal. Sejumlah ruas ke Bekasi masih mengalami hambatan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement