Senin 05 Aug 2019 09:04 WIB

MTI: Kereta Api Semicepat Jakarta-Surabaya Dibutuhkan

KA semicepat Jakarta-Surabaya juga akan bisa optimal.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Elba Damhuri
Kereta api berkecepatan tinggi Cina
Foto: snapsengine.com
Kereta api berkecepatan tinggi Cina

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) menilai penyediaan kereta api (KA) semicepat Jakarta-Surabaya sudah menjadi kebutuhan mobilitas masyarakat di Pulau Jawa. MTI mendukung rencana pembangunan sebagai alternatif pilihan transportasi jarak jauh.

Ketua Bidang Perkeretapian MTI, Aditya Dwi Laksana mengatakan, KA semicepat Jakarta-Surabaya sudah diproyeksikan dalam rencana pembangunan kereta api nasional hingga 2030. Sebaliknya, KA cepat Jakarta-Bandung justru yang tidak ada di dalam rencana pembangunan.

"Jakarta dan Surabaya adalah dua kota terbesar di Indonesia. Pusat industri dan perdagangan, di antara keduanya juga banyak pusat-pusat ekonomi di jalur utara. Diharapkan ekonomi bisa terangkat," kata Aditya, Ahad (4/8).

Dari segi operasional, ia meyakini KA semi cepat Jakarta-Surabaya juga akan bisa optimal. Sebab, dengan jarak yang jauh sekitar 700 kilometer maka rata-rata kecepatan KA semi cepat bisa tercapai. Sebagai informasi kecepatan kereta ini bisa mencapai 160 kilometer per jam atau setengah dari kecepatan KA cepat sekitar 350 kilometer per jam.