Senin 05 Aug 2019 22:56 WIB

MSI Gelar Parade Seni dan Budaya 2019

MSI menggelar parade bertujuan agar masyarakat lebih peduli terhadap seni dan budaya

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Mitra Seni Indonesia (MSI) menggelar Parade Seni dan Budaya 2019 di area Car Free Day, Jakarta, Ahad (4/8). Gelaran ini didukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta PT Sarinah
Mitra Seni Indonesia (MSI) menggelar Parade Seni dan Budaya 2019 di area Car Free Day, Jakarta, Ahad (4/8). Gelaran ini didukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta PT Sarinah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mitra Seni Indonesia (MSI) menggelar Parade Seni dan Budaya 2019 di area Car Free Day, Jakarta, Ahad (4/8). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka HUT MSI yang ke 12 dan menyambut HUT RI yang ke 74. 

Sekitar  500  peserta berpakaian unik dengan mengenakan kain bernuansa etnik Indonesia mulai dari batik,  tenun hingga  sarung dan juga busana Nasional, yang  dirancang dengan berbagai model mewarnai parade ini. Parade Seni dan Budaya ini menggandeng berbagai kelompok seni seperti Perempuan Menari, Ondel ondel Jakarta hingga flash mob yang melakukan pagelaran di dekat Grand Indonesia dan sangat  memukau masyarakat.

Kegiatan Parade Seni dan Budaya ini  diselenggarakan atas dukungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan bekerja sama dengan PT Sarinah (Persero). Pelaksana Harian Direktur Kesenian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edi Irawan mengaku menyambut baik prakarsa Mitra Seni Indonesia menyelenggarakan Parade Seni dan Budaya 2019.

Dalam pesannya disampaikan, kegiatan ini selain mengutamakan gaya hidup sehat juga mengangkat seni dan budaya Indonesia yang harus dilestarikan dan dikembangkan. "Kementerian berharap kegiatan serupa dapat dilakukan secara periodik agar nilai nilai budaya dan kesenian Indonesia tetap lestari," tutur dia berdasarkan rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (5/8)

Sementara itu Ketua Umum Mitra Seni Indonesia Sari Ramdani berharap dengan diselenggarakannya kegiatan ini masyarakat akan lebih mencintai seni dan budaya Indonesia. Akhirnya mau bergabung dengan Mitra Seni Indonesia untuk bersama-sama  melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya Indonesia, tambah Sari Ramdani.

Direktur Utama PT Sarinah (Persero) Gusti Ngurah Putu Sudiarta Yasa menegaskan Sarinah sebagai jendela Indonesia merupakan wadah bagi segenap penggiat indutri kreatif tanah air dalam menawarkan karya terbaiknya  kepada konsumen, untuk mempromosikan produk kerajinan dan talenta lokal terbaik. Dikemukakan Gusti Ngurah Putu Sudiarta Yasa bahwa kegiatan ini sejalan dengan kegiatan rutin PT Sarinah yang selalu  mendukung  acara yang menampilkan talenta terbaik di tanah air dalam bidang seni, baik seni  musik, seni kriya dan seni lainnya.

Sementara itu Ketua Panitia  Penyelenggara Parade Seni dan Budaya Hesti Indah  Kresnarini mengatakan tema yang dipilih untuk acara ini  bertajuk "Tingkatkan Cinta Masyarakat terhadap Seni dan Budaya Indonesia". Tema ini dimaksudkan agar masyarakat lebih peduli dan menghargai  Seni & Budaya Indonesia dan pada akhirnya tertarik dan mau mengembangkan  seni dan budaya Indonesia.

"tagline yang dipilih  "Aku Kamu Cinta Seni Indonesia". Cinta Seni & Budaya harus dimulai dari diri sendiri. Setelah kita cinta akan mengajak keluarga, famili dan kerabat untuk mencintai seni dan budaya Indonesia," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement