Rabu 07 Aug 2019 00:55 WIB

Tak Harus Mewah, Ini 7 Destinasi Liburan Paling Hemat yang Bisa Dicoba

Kondisi finansial yang sedang menipis bukanlah penghalang saat ingin liburan.

Rep: cermati/ Red:
Tak Harus Mewah, Ini 7 Destinasi Liburan Paling Hemat yang Bisa Dicoba
Tak Harus Mewah, Ini 7 Destinasi Liburan Paling Hemat yang Bisa Dicoba

Kondisi finansial yang sedang menipis bukanlah penghalang saat ingin liburan. Ada banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi dengan biaya yang sangat terjangkau. Misalnya, museum, taman, wahana bermain, perpustakaan, dan gedung bersejarah.

Tapi, mengunjungi tempat yang sama untuk kesekian kalinya pasti membuatmu bosan. Agar sensasi liburan kali ini berbeda dari biasanya, kamu bisa kunjungi 7 destinasi liburan berikut yang dijamin irit dan tidak bikin kantongmu jebol versi cermati.com:

 1. Puncak, Bogor 

puncak bogor

Bagi yang merindukan tanaman hijau, pepohonan rindang, udara sejuk, dan segar bisa berkunjung ke Puncak, Bogor. Suasananya yang tenang juga memberikan rasa nyaman, kamu pasti betah berlama-lama duduk di gazebo atau kafetaria di sekitar sambil menikmati teh hijau milikmu. 

Biaya yang dihabiskan selama di sini sangatlah terjangkau, terutama bagi kamu yang tinggal di daerah Jabodetabek. Kamu tidak perlu booking tiket pesawat ataupun penginapan karena satu hari saja sudah cukup bila tujuan utamamu hanya untuk menenangkan pikiran.

Baca Juga: Musim Dingin dan Salju di Indonesia Bisa Kamu Temui di Kota-Kota Ini

 

2. Pantai, Yogyakarta

Pantai Yogyakarta

Alternatif wisata untuk yang minim budget adalah Yogyakarta. Meski berbiaya murah, tapi keindahan panorama pantai yang ada di setiap tempat wisata tidak bisa dianggap remeh, terutama jejeran pantai yang berada di daerah Gunung Kidul. Selain indah, pantai di Gunung Kidul juga berdekatan satu sama lain. Ibaratkan sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, kamu bisa mengunjungi beberapa pantai sekaligus dalam satu hari. 

Agar suasana liburan semakin terasa, kamu memang harus stay di sini minimal 2-3 hari. Tak perlu khawatir soal biaya. Dengan modal Rp500.000 – Rp700.000 saja, kamu sudah bisa menjelajah Kota Pelajar bersama teman-temanmu.

3. Pedalaman Badui, Banten

Pedalaman Badui Banten

Jika tempat tinggalmu masih di sekitar Jakarta, kamu bisa berkunjung ke pedalaman Suku Badui di Lebak, Banten. Gaya hidup masyarakat yang masih tradisional dan mengisolasi memang membuatmu kurang nyaman diawal-awal. Tapi, keramah-tamahan masyarakat Badui dijamin membuatmu betah untuk berlama-lama di sini. 

Tempat ini akan mengajarkanmu tentang betapa pentingnya bersosialisasi, sehingga kamu tidak anti sosial. Tapi sebaliknya, kamu semakin terbuka dan mau berbaur dengan orang lain untuk berbagi cerita dan pengalaman.

4. Kafe kekinian, Bandung

Kafe kekinian di Bandung

Khusus untuk anak kekinian yang ingin tetap eksis dengan budget pas-pasan, Bandung adalah tempat liburan yang paling tepat. Kamu bisa mengunjungi kafe-kafe yang ada di Bandung dengan harga yang terjangkau, namun menawarkan konsep interior yang homey dan begitu menenangkan.

Beberapa kafe di Bandung juga menawarkan konsep bertajuk alam, seperti kafe yang terletak di daerah Lembang. Semakin penasaran, bukan? Lebih baik luangkan waktumu untuk mampir. Tapi sebelum pergi, kumpulkan kesabaran dulu karena jalanan menuju Bandung cenderung macet, khususnya saat weekend.

5. Kota Tua, Jakarta

kota tua

Bagi yang tinggal di ibu kota, kamu bisa mengunjungi tempat wisata yang murah meriah yaitu Kota Tua. Tempat ini cocok untuk kamu yang ingin melepas penat saat pulang kerja atau sekedar ingin bersantai dan bersepeda sambil mengelilingi bangunan tua yang begitu ikonik. 

Mampir ke sini tidak perlu terlalu lama. Waktu 1-2 jam saja sudah lebih dari cukup untuk bersantai dari rutinitas harian. Jika perutmu mulai keroncongan, kamu bisa mampir ke warung atau kafe kecil yang ada di sekitar.

Baca Juga: Open Trip Bareng Artis Biar Makin Eksis, Tertarik? Cek dulu Tipsnya 

6. Monumen Nasional, Jakarta

Monas

Mau tempat wisata yang lebih murah lagi? Datanglah ke Monumen Nasional (Monas). Ada banyak aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di sini, seperti mengunjungi Tugu Kemerdekaan, melihat karya seni rupa, naik kereta wisata, berolahraga, hingga kulineran di Pasar Malam sambil naik komidi putar. Sangat seru, bukan?

Waktu berkunjung yang paling disarankan adalah sore hari, ketika matahari tidak terlalu terik. Hanya saja, kamu harus siap dengan hiruk-pikuk di sekitar karena tempat ini selalu ramai didatangi masyarakat lokal maupun wisatawan.

7. Tanah Abang, Jakarta

Tanah Abang

Memuaskan hasrat belanja di daerah ibu kota tampaknya sedikit mustahil bagi kamu yang budget-nya pas-pasan. Apalagi ibu kota terkenal dengan pusat perbelanjaan yang mewah dan berkelas. Tapi ketika kamu bergeser ke pinggir, kamu bisa menemukan tempat belanja yang ramah di kantong seperti Tanah Abang. 

Di Tanah Abang, kamu bisa menemukan pakaian, sepatu, dan tas dengan harga miring apalagi kalau kamu pandai menawar. Meskipun harganya murah, tapi kualitas barangnya tidak murahan ya. 

Cermat Memilih Tempat Liburan yang Ramah di Kantong

Liburan itu tidak selalu identik dengan kata mahal, mewah, dan jauh. Buktinya ada banyak tempat liburan berbiaya murah yang bisa kamu kunjungi saat weekend tiba. Intinya cermat saat memilih tempat saja agar kamu tetap bisa refreshing walaupun dengan budget pas-pasan.

Baca Juga: Liburan Bersama Anak, Perhatikan 6 Hal Penting ini Agar Tidak Rewel

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement