Rabu 07 Aug 2019 10:07 WIB

Masyarakat Makin Sadar Pentingnya Memakai Masker

Makin banyak orang yang mengenakan masker saat beraktivitas di luar ruang.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Reiny Dwinanda
Sejumlah siswa memakai masker saat berjalan menuju ke sekolah mereka, di Desa Suak Raya, Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh, Kamis (27/7).
Foto: Antara/Syifa Yulinnas
Sejumlah siswa memakai masker saat berjalan menuju ke sekolah mereka, di Desa Suak Raya, Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh, Kamis (27/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat Indonesia sudah lebih menyadari pentingnya mengenakan masker saat melakukan aktivitas di luar ruangan. Business Manager Consumer Health Care Division PT 3M Indonesia, Yunadi Aulia Desmawan mengatakan, kesadaran itu terlihat dari peningkatan jumlah pengguna masker yang terjadi beberapa tahun belakangan ini.

"Dalam tiga tahun terakhir, jumlah pengguna masker di Indonesian meningkat signifikan," kata Aulia kepada Republika.co.id usai diskusi media yang digelar oleh PT 3M Indonesia di Jakarta, Senin (5/8).

Baca Juga

Menurut Aulia, peningkatan yang terjadi tiap tahun mencapai lebih dari 50 persen. Dahulu, orang mengenakan masker hanya saat sedang sakit saja.

"Kini meski dalam kondisi sehat, penggunaan masker dinilai diperlukan untuk melindungi diri dari polusi,” ujarnya.

Aulia sangat menyarankan agar masyarakat selalu menggunakan masker, terutama saat menggunakan transportasi umum atau mengendarai sepeda motor. Masker menjadi penting untuk dikenakan mengingat beberapa tahun belakangan ini kondisi kualitas udara di kota besar di Indonesia mengalami penurunan.

Sampai dengan akhir Juli ini, data AirVisual menunjukkan bahwa Air Quality Index (AQI) Jakarta mencapai 184 atau masuk pada kategori tidak sehat (151-200). Hal ini pun membuat Jakarta dinobatkan sebagai kota dengan polusi terparah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement