Kamis 08 Aug 2019 14:11 WIB

Bayar Kurban Dompet Dhuafa Bisa Lewat BSM Mobile

Dompet Dhuafa menerapkan dan mengembangkan digitalisasi pada semua sektor donasinya.

Rep: rahma sulistya/ Red: Dwi Murdaningsih
Launching Kerja Sama Mobile Banking Bank Syariah Mandiri (BSM) dengan Dompet Dhuafa digelar di Jakarta Pusat, Kamis (8/8).
Foto: Republika/Rahma Sulistya
Launching Kerja Sama Mobile Banking Bank Syariah Mandiri (BSM) dengan Dompet Dhuafa digelar di Jakarta Pusat, Kamis (8/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Jelang hari Idul Adha, masyarakat Indonesia biasanya baru mulai beramai-ramai mendonasikan dana mereka untuk berqurban di lembaga-lembaga filantropi. Salah satunya adalah Dompet Dhuafa, yang menggandeng Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) untuk mengoptimalkan target kurban.

Bank Syariah Mandiri memberikan kemudahan kepada nasabah untuk menunaikan kurban. Bahkan tak hanya itu, masyarakat bisa menunaikan zakat, infak, wakaf melalui mobile banking.

Baca Juga

“BSM ingin meberikan fasilitas kemudahan kepada nasabah kami untuk menunaikan ziswaf dan qurban dengan menggandeng lembaga zakat seperti Dompet Dhuafa, yang merupakan lembaga terpercaya dan transparan,” ungkap Direktur PT Bank Syariah Mandiri, Kusman Yandi, dalam Launching Kerja Sama Mobile Banking BSM dengan Dompet Dhuafa digelar di Jakarta Pusat, Kamis (8/8).

Di era digital seperti saat ini, kemudahan, kecepatan dan kepraktisan menjadi kelebihan utama masyarakat dalam aktivitasnya. Kurang lebih lima tahun belakangan ini, Dompet Dhuafa menerapkan dan mengembangkan digitalisasi pada semua sektor donasinya.

Selama itu pula, lembaga filantropi Islam tersebut belajar banyak hal untuk memudahkan siapapun bergabung dalam gerakan kebaikan, salah satunya diterapkan di Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa. Calon pekurban kini menjadi lebih mudah bila ingin mewujudkan niatnya.

Bila dulu orang berkurban hanya dengan mendatangi gerai atau konter di mall yang membutuhkan effort menempuh jarak ke lokasi, kini di era digital masyarakat dapat menunaikan kurban dengan mudah melalui smartphone-nya.

“Inisiasi adanya fitur ziswaf dan kurban di e-channel khususnya di mobile banking ini melihat adanya potensi transaksi yang besar, namun saat ini belum optimal dihimpun. Kami akan mengoptimalkan e-channel Bank Syariah Mandiri yaitu m-banking sebagai media berkurban untuk para nasabah dan donatur,” ungkap Kusman.

Inisiasi kerja sama ini disambut dengan baik oleh Dompet Dhuafa. Diharapkan dengan kerja sama kemudahan ini dapat meningkatkan volume transaksi kurban. Dengan demikian, maka akan semakin luas pula penerima manfaat yang akan menikmati daging kurban di seluruh pelosok Indonesia dan manc negara. 

“Dulu orang berkurban hanya dengan mendatangi gerai dan jarak dari rumah ke gerai terkadang membuat orang enggan menunaikan niatnya. Dengan digitalisasi, kita langsung update qurban kepada para donatur dan lebih akuntabel,” kata Direktur Mobilisasi ZISWAF Dompet Dhuafa, Yuli Pujihardi, dalam kesempatan yang sama.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement