Senin 12 Aug 2019 18:40 WIB

Warga Rutan Balikpapan Gembira Dapat Hewan Kurban BMH

Pada Idul Adha 1440 H, BMH menyalurkan hewan kurban ke sejumlah daerah di Kaltim.

Red: Irwan Kelana
Warga binaan Rutan Balikpapan memotong dan mengelola daging hewan kurban yang disalurkan BMH.
Foto: Dok BMH
Warga binaan Rutan Balikpapan memotong dan mengelola daging hewan kurban yang disalurkan BMH.

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Musytari tampak bahagia. Senyum warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim)  ini mengembang sambil tangannya sibuk memotong daging hewan kurban. Bagian tubuh sapi diiris kecil-kecil, dan tulang-belulangnya dipotong-potong. Semua dilakukan dengan lihai dan cekatan. 

Maklum saja. Warga binaan yang telah tiga tahun berada di rutan tersebut sebelumnya berprofesi sebagai penjual daging. Bisnis itu kini dikelola putra pertamanya. Jadi, dia telah terbiasa menaklukkan sapi, menyembelih, dan juga memotong daging dengan cepat, dan lihai. 

Ketika Rutan Balikpapan mendapat hewan kurban, salah satunya dari Baitul Mal Hidayatullah (BMH),  Musytari diminta membantu prosesi penyembelihan dan pemotongan hewan kurban. Termasuk saat memotong sapi kurban dari BMH, Musytari tampak memimpin 'penaklukan' sapi yang berukuran cukup besar itu hingga siap disembelih. 

Sapi diikat kakinya lalu ditarik hingga roboh. Kemudian, kaki lainnya juga diikat hingga tidak bisa bergerak lagi. Baru lehernya diletakkan di atas lubang tempat penyembelihan. Setelah itu, seorang pemotong atau ustaz menyembelih leher sapi dengan pisau tajam dan besar. Darah seketika muncrat, dan jatuh ke tanah.