Rabu 14 Aug 2019 16:14 WIB

Parlemen Israel Minta Kongres AS Tolak Negara Palestina

Puluhan anggota Knesset menulis surat ke Kongres AS untuk tak dukung negara Palestina

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Bendera Israel-Palestina
Bendera Israel-Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV – Sebanyak 21 anggota parlemen Israel (Knesset) dari partai-partai sayap kanan telah menulis surat kepada Kongres Amerika Serikat (AS). Dalam surat itu, mereka meminta Kongres AS berhenti mendukung solusi dua negara untuk konflik Israel-Palestina.

Anggota Knesset dari partai-partai sayap kanan itu mengatakan meskipun banyak pihak menganggap solusi dua negara adalah pro-Israel, tapi negara Israel dan penduduknya tak berpendapat demikian. Mereka tak menghendaki pembentukan negara merdeka Palestina.

Baca Juga

“Pembentukan negara Arab tambahan (yang disebut Palestina) di kawasan itu akan sangat merusak keamanan nasional Israel dan AS,” kata anggota Knesset dari partai-partai sayap kanan dalam suratnya, dikutip laman Al Araby, Selasa (13/8).

Oleh sebab itu, mereka meminta Kongres AS tak mendukung gagasan pembentukan negara Palestina. “Negara seperti itu tidak diragukan lagi akan menjadi negara teroris yang disfungsional, yang akan menjauhkan perdamaian serta merusak stabilitas di Timur Tengah,” ujar mereka.