Kamis 15 Aug 2019 15:56 WIB

BI: Distribusi Kartu Berlogo GPN Capai 36,7 Juta Keping

BI menargetkan satu nasabah memiliki minimal satu kartu ATM atau debet GPN

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Sugeng - Deputi Gubernur BI
Foto: Republika/ Wihdan
Sugeng - Deputi Gubernur BI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia menyatakan jumlah kartu terdistribusi dan transaksi kartu berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) terus mengalami peningkatan. Tercatat pada Juli 2019, kartu berlogo GPN yang telah didistribusikan seluruh Indonesia mencapai 36,7 juta kartu.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng mengatakan transaksi melalui kartu GPN mengalami pertumbuhan yang signifikan, terlihat dari peningkatan volume dan nominal transaksi interkoneksi antarjaringan (off-us) dan interkoneksi dalam jaringan (on-network).

Baca Juga

"Hingga Juli 2019 total ada 36,7 juta kartu GPN berlogo garuda telah didistribusikan kepada masyarakat seluruh Indonesia. Artinya sudah sepertiga dari 100 juta pemegang kartu ATM  dan Debit," ujarnya saat acara Penandatangan Kerja Sama Mastercard dan PT Artajasa Pembayaram Elektronis di Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (15/8).

Menurutnya pelaksanaan kampanye nasional GPN akan tetap dilanjutkan pada tahun ini. Salah satunya dengan bekerja sama dengan perbankan dan edukasi difokuskan kepada universitas dan kementrian atau lembaga terkait guna mencapai target pemenuhan kewajiban kepemilikan minimal satu kartu ATM atau debet GPN oleh satu nasabah pada akhir 2021.