Senin 19 Aug 2019 15:06 WIB

Ketua KOI: Dukung Atlet Indonesia di SEA Games 2019

Ketua KOI berharap masyarakat Indonesia mendukung penuh atlet yang bertanding

Rep: Fitriyanto/ Red: Bayu Hermawan
Ketua KOI Erick Thohir (tengah) mengajak masyarakat mendukung atlet Indonesia di ajang SEA Games 2019 melalui tayangan televisi nasional.
Foto: dok. Istimewa
Ketua KOI Erick Thohir (tengah) mengajak masyarakat mendukung atlet Indonesia di ajang SEA Games 2019 melalui tayangan televisi nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pesta olahraga antar negara-negara Asia Tenggara atau yang disebut SEA Games akan kembali digelar, di Filipina mulai 30 November hingga 11 Desember mendatang. Ada sekitar 56 cabang olahraga yang dipertandingkan, dengan melibatkan lebih dari 8.000 atlet dan ofisial tim.

 

Baca Juga

Indonesia masih menyandang status sebagai negara tersukses pada ajang SEA GAMES. Sejak pertama kali berpartisipasi pada 1977, Tim Merah Putih terhitung sudah 10 kali sukses menjadi juara umum setelah terakhir menjadi juara pada tahun 2011. Hingga saat ini, saingan terdekat Indonesia dalam mengoleksi gelar juara di SEA GAMES adalah Thailand dengan tujuh kali menjadi juara.

"Sesuai dengan UU No. 3 Tahun 2005 Pasal 44 bahwa keikutsertaan Indonesia dalam pertandingan multisport event seperti SEA GAMES dilaksanakan oleh Komite Olimpiade Indonesia atau National Olympic Committee sebagaimana telah diakui oleh International Olympic Committee. Untuk itu, kami di KOI berupaya sekuat tenaga, selain menggunakan dana dari Pemerintah untuk memberangkatkan atlet, kami juga melakukan berbagai terobosan." ujar Ketua KOI Erick Thohir, Senin (19/8) di Jakarta

Erick melanjutkan, pada SEA Games kali ini, masyarakat Indonesia bisa menyaksikan langsung cabang-cabang olahraga yang dipertandingakan. Sebab, KOI mengandeng RCTI untuk menyiarkan pertandingan-pertandingan sebagai Official Broadcaster.

"Penting bagi KOI memiliki Official Broadcaster karena semakin banyak masyarakat Indonesia yang menonton, maka akan semakin besar enerji yang diberikan kepada para atlet yang sedang berjuang di SEA GAMES," jelas Erick Thohir yang dipercaya menjadi Ketua Komite Olimpiade Indonesia sejak tahun 2015 ini.

Untuk perhelatan SEA GAMES ke-30, RCTI akan menayangkan 11 cabang olahraga yang dipertandingkan di SEA GAMES ke-30. Cabang olahraga yang akan di tayangkan diantaranya; Aquatic Diving and Swimming, Athletics, Badminton, Basketball 3x3 and 5x5, Boxing, Football, Gymnastics, Sepak Takraw, Taekwondo, Volleyball, dan juga cabang olahraga Esports.

 

SEA GAMES ke-30 tentunya akan menjadi salah satu program unggulan RCTI tahun ini dengan ragam tayangannya. Bahkan ini bukan kali pertama RCTI menjadi official broadcaster SEA GAMES.

 

Diharapkan masyarakat dapat terus memberikan dukungan kepada atlet yang berlaga mengharumkan nama Indonesia dengan menyaksikan perjuangan mereka di layar RCTI. Selain RCTI yang menayangkan 11 cabang olahraga di SEA GAMES, rencananya juga akan ditayangkan oleh stasiun Televisi dalam kelompok MNC Group.

"Apa yang KOI lakukan saat ini adalah sebagai NOC yang bertanggung jawab untuk mengirim kontingen ke multisport event Internasional seperti yang termaktub di Olympic Charter mengenai tugas NOC dan juga diakui oleh UU No. 3/2005. Jadi, mari kita dukung atlet-atlet Indonesia yang akan berlaga di SEA GAMES 2019 ini agar semakin banyak lagu Indonesia Raya dikumandangkan di Filipina”, tutup Erick.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement