Jumat 23 Aug 2019 13:14 WIB

UAS Sampaikan 4 Pesan Penting di Depan Ribuan Jamaah Cirebon

UAS mengajak jamaah untuk siap menghadapi era digital.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Ribuan jamaah hadiri kuliah umum dan tabligh akbar Ustaz Abdul Somad di Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, Kamis (22/8).
Foto: Republika/lil
Ribuan jamaah hadiri kuliah umum dan tabligh akbar Ustaz Abdul Somad di Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, Kamis (22/8).

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Ustaz Abdul Somad (UAS) menyampaikan kuliah umum dan tabligh akbar di Kampus Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon, Kamis (22/8). Di hadapan ribuan jamaah yang membeludak di halaman parkir kampus tersebut, dia menyampaikan empat pesan.  

Pertama, UAS berpesan kepada jamaah mengenai profesionalisme. Menurut dia, keprofesionalan itu harus dimiliki, apapun bidang yang digeluti. "Jika jurusan sains dan teknologi, harus betul-betul canggih dalam bidang sains dan teknologi. Jika jurusan multimedia, rekamlah ceramah Ustaz Abdul Somad," kata UAS yang disambut antusias para jamaah.  

Baca Juga

Namun, UAS mengingatkan, ceramah yang disampaikannya itu ada yang sifatnya pengajian umum di pinggir jalan atau di tanah lapang dimana semua orang mendengar. Saat itulah, ceramah tersebut bisa direkam dan disebarkan  

"Tapi ada pengajian khusus dalam masjid yang sifatnya intern. Kalau kau sampaikan ke luar, nanti orang tersinggung, sakit hati. Mesti mengerti masalah hukum," tegas UAS.