Ahad 25 Aug 2019 05:07 WIB

Kemenperin Edukasi IKM Sumsel Biar Pintar Teknologi Digital

IKM harus bisa meningkatkan produktivitas dan mutu produknya.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Kemenperin Edukasi IKM Sumsel Biar Pintar Teknologi Digital. (FOTO: Yulius Satria Wijaya)
Kemenperin Edukasi IKM Sumsel Biar Pintar Teknologi Digital. (FOTO: Yulius Satria Wijaya)

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) aktif mengajak pelaku industri kecil dan menengah (IKM) di dalam negeri untuk memanfaatkan teknologi terkini. Tujuannya agar dapat meningkatkan produktivitas dan mutunya secara lebih efisien sekaligus memperluas akses pasarnya, terutama ke kancah internasional.

"Selama ini, sektor IKM telah berperan penting menjadi tulang punggung bagi perekonomian nasional," kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih belum lama ini.

Gati mengungkapkan, jumlah IKM nasional lebih dari 4,4 juta unit usaha atau mencapai 99% dari seluruh unit usaha industri di Tanah Air. "Sektor industri mikro, kecil, dan menengah sudah menyerap hingga 10,5 juta tenaga kerja atau berkontribusi 65% dari sektor industri secara keseluruhan," tuturnya.

Baca Juga: 4 Strategi Kemenperin Pacu Industri TPT Berdaya Saing Global

Oleh karena itu, seiring bergulirnya era ekonomi digital serta diterapkannya industri 4.0, Kemenperin fokus mendongkrak potensi IKM di dalam negeri melalui implementasi berbagai kebijakan dan kegiatan strategis. Misalnya, menyelenggarakan e-Smart IKM 2019 dengan tema IKM Go Digital di sejumlah daerah.

"Pada Agustus ini, kami telah menggelar acaranya di Palembang. Peserta yang mengikuti sebanyak 500 orang, yang meliputi pelaku IKM dan masyarakat umum di wilayah Sumatera Selatan," ujar Gati.

Pada kesempatan ini, dihadirkan para stakeholder, antara lain dari pihak marketplace, perbankan, financial technology, dan perusahaan enterprise resource planning (ERP) untuk IKM.

"Kami juga kolaborasikan mereka dengan aplikasi point of sale (POS), aplikasi promosi digital, dan teknologi informasi yang akan memberikan edukasi melalui format digital yang dapat diakses melalui internet," imbuhnya.

Kegiatan serupa ini telah dilaksanakan di Semarang, Makassar, Surabaya, Pontianak, Bogor, dan Denpasar. Selanjutnya, bakal digelar di Medan dan Banjarmasin.

Dirjen IKMA menegaskan, IKM di wilayah Sumsel memiliki potensi yang besar untuk semakin dipacu daya saingnya serta didorong pengembangannya melalui pemanfaatan teknologi digital. Hingga 2018, jumlah IKM di Bumi Sriwijaya tercatat sebanyak 65.682 unit usaha dengan total penyerapan tenaga kerja mencapai 216.824 orang.

"Sumsel memiliki sumber daya yang luar biasa untuk pengembangan sektor IKM. Hal ini dapat dilihat dari unsur kreativitas pada industri kerajinan dan sandang seperti produk kain songket," sebutnya.

Produk unggulan lainnya, yakni kerajinan kayu, rotan, anyaman, keramik, jumputan, serta makanan khasnya seperti pempek, pindang, dan kerupuk ikan.

Baca Juga: Ini Perbedaan IKM dan UKM

Gati optimistis apabila pelaku IKM nasional diberikan pembelajaran mengenai mengenai teknologi digital, akan mendorong mereka lebih produktif, kreatif, inovatif, dan kompetitif.

"Kita ketahui digital economy ini model bisnis banyak yang dijalankan dengan basis teknologi informasi dan komunikasi," terangnya.

Upaya strategis tersebut juga sebagai bagian dari pelaksanaan langkah-langkah prioritas yang tertuang di dalam peta jalan Making Indonesia 4.0. "Pemanfaatan teknologi digital ini untuk memacu IKM nasional bisa berperan di era industri 4.0, seperti terlibat dalam e-commerce yang diimplementasikan dalam e-Smart IKM," paparnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement