Kamis 29 Aug 2019 08:24 WIB

Rusia Berniat Kirim Jet Tempur Su-57 ke Turki

Turki ingin melanjutkan kerja sama industri pertahanan dengan Rusia.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Budi Raharjo
Pesawat Sukhoi Su-35 bermanuver di langit Rusia.
Foto: sputniknews.com
Pesawat Sukhoi Su-35 bermanuver di langit Rusia.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Rusia dan Turki sedang mendiskusikan kemungkinan pengiriman jet tempur Sukhoi Su-57 buatan Rusia dan pesawat Su-35 ke Turki. Hal ini dilaporkan kantor berita RIA, mengutip pernyataan seorang pejabat Rusia pada Rabu (28/8).

Kepala Federal Service of Military-Technical Cooperation Rusia, Dmitry Shugaev mengatakan, dia berencana untuk membahas sistem pertahanan rudal S-400 dengan seorang rekan Turki pada Rabu. Selain itu juga kemungkinan pengiriman dari Su-35 atau Su-57.

"Banyak ketertarikan telah ditunjukkan, masih terlalu dini untuk membicarakan negosiasi kontrak, belum ada aplikasi, konsultasi harus dilakukan," kata Shugaev.

Sementara itu, Rusia mulai mengirimkan sistem rudal S-400 ke Turki tahun ini. Suatu langkah yang memanaskan hubungan antara Turki dengan Amerika Serikat dan North Atlantic Treaty Organization (NATO). Akibatnya, Washington mengeluarkan Turki dari program pembuatan jet F-35, yang juga direncanakan akan dibeli oleh Turki.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada Selasa (27/8), bahwa Turki ingin melanjutkan kerja sama industri pertahanan dengan Rusia. Ini termasuk pesawat tempur, setelah pembicaraan di Moskow dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement