Kamis 29 Aug 2019 11:30 WIB

Matthew McConaughey Jadi Dosen Film di Universitas Texas

Matthew McConaughey ternyata sudah mengajar film sejak 2015.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Matthew McConaughey
Foto: EPA
Matthew McConaughey

REPUBLIKA.CO.ID, AUSTIN -- Aktor Amerika Serikat Matthew McConaughey bergabung dalam jajaran pengajar di Universitas Texas, Austin, musim gugur mendatang. Pria 49 tahun itu akan mengisi kelas di Departemen Radio, Televisi, dan Film.

Sejak 2015, McConaughey telah terlibat sebagai pengajar temporer di kampus unggulan tersebut. Dari sejumlah pengalaman itu, pihak universitas mendapati sang aktor pemenang Oscar adalah guru dan pembimbing yang baik.

Baca Juga

"Dia memiliki hasrat tinggi untuk mengajar dalam semua hal sinematik. Semangatnya sangat terasa, bahkan mudah menular," kata Ketua Departemen Radio, Televisi, dan Film Universitas Texas, Noah Isenberg.

McConaughey mengisi kelas produksi film "Skenario ke Layar" yang kurikulumnya ikut dia kembangkan. Musim gugur mendatang, mahasiswa diajak membedah film Mud arahan sutradara Jeff Nichols, yang akan turut diundang ke kelas.

Inisiatif tinggi McConaughey untuk akrab dengan mahasiswa di luar kelas juga mendapat apresiasi dari pihak kampus. Pada pernyataan resminya, McConaughey mengatakan bahwa dia merancang kelas yang selalu dia idamkan.

Dia mendapat gelar sarjana di bidang perfilman dari kampus yang sama pada 1993. Pendiri yayasan "Just Keep Livin" itu ingin membuat mahasiswanya nyaman sekaligus memahami materi di kelasnya dengan maksimal dan fokus.

"Membuat film, mengubah kata-kata di atas kertas menjadi film, adalah ilmu dan seni, tidak peduli ada di waktu atau generasi mana. Unsur kebenaran dan kesenangan dalam prosesnya tidak lekang oleh waktu," ungkapnya.

McConaughey telah membintangi lebih dari 50 film, termasuk Dazed and Confused dan The Wolf of Wall Street. Peran utama di Dallas Buyers Club membuatnya memenangkan Oscar dan Golden Globe, dikutip dari laman Fox News.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement