Rabu 04 Sep 2019 13:48 WIB

Makanan Ini Bantu Memperkuat Kuku

Kesehatan dan kebersihan kuku mencerminkan diri manusia secara keseluruhan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Perawan kuku - ilustrasi
Perawan kuku - ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Orang-orang mungkin tidak memperhatikan kesehatan kuku dengan serius. Padahal kebersihan kuku juga mencerminkan kesehatan manusia secara keseluruhan.

Merawat kuku bisa dilakukan di salon manikur dan pedikur. Tetapi tanpa sadar sebenarnya ada bahan dapur yang bisa menyehatkan kuku.

Baca Juga

Seperti yang dilansir dari Indian Express, Rabu (4/9), pertama, beras merah. Nasi merah kebetulan merupakan sumber makanan kaya biotin, silikon, dan sistein yang masing-masing bertanggung jawab untuk menjaga kuku tetap sehat. Selain beras merah, oat juga mengandung mangan, silikom dan vitamin B1-kompleks yang juga penting untuk perawatan kuku dan tulang.

Kedua, telur. Telur kaya akan protein yang mudah dicerna. Bahan makanan ini memiliki vitamin A dan E, zat besi, serta biotin yang secara ilmiah terbukti mengurangi kerapuhan kuku dan meningkatkan ketebalan.

Ketiga, kacang almond dan biji bunga matahari. Almod merupakan sumber protein dan magnesium,sedangkan biji bunga matahari mengandung mangan dan tembaga. Kedua makanan ini membantu dalam produksi jaringan ikat di tulang dan menguatkan kuku.

Keempat, sayuran hijau. Makanan berdaun hijau sangat baik untuk kesehatan. Sertakan bayam, brokoli dalam diet untuk mendapatkan dosis harian zat besi dan kalsium yang memperkuat kuku.

Kelima, sayuran beraneka warna. Masukkan sebanyak mungkin sayuran dalam makanan Anda dengan variasi sebanyak mungkin. Carilah tomat, paprika, kentang manis, dan wortel, sebab semuanya kaya vitamin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement