Kamis 12 Sep 2019 10:00 WIB

Maliq & D’Essentials Luncurkan DVD Kumpulan Lagu Unggulan

DVD lagu unggulan Maliq & D’Essentials direkam di Abbey Road Studio, Inggris.

Red: Reiny Dwinanda
Maliq & D'Essentials menghadirkan banyak kejutan di festival musik Soundrenaline 2019
Foto: Shelbi Asrianti/Republika
Maliq & D'Essentials menghadirkan banyak kejutan di festival musik Soundrenaline 2019

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Maliq & D’Essentials meluncurkan DVD kumpulan lagu unggulan yang direkam di studio yang telah membesarkan nama band The Beatles, yaitu Abbey Road Studio, London, Inggris. Proses rekaman itu sekaligus untuk merayakan 17 tahun berkarya di industri musik.

"Album Setapak Sriwedari mastering di Abbey Road dan kami puas banget sama hasilnya, mungkin dari situ itu jadi salah satu jalan ke sana," ujar vokalis Indah Wisnuwardhana dalam temu media di Jakarta, Rabu.

Baca Juga

Menurut Indah, tidak semua musisi dapat menyewa studio tersebut untuk merekam karyanya. Selain rekam jejak dalam industri, Maliq & D’Essentials telah beberapa kali bekerja sama dengan mastering engineer Geoff Pesche.

Dengan total durasi 73 menit, DVD tersebut berisi 12 video live performance dan wawancara eksklusif para personil tentang cerita di balik masing-masing lagu tersebut serta cerita-cerita seru tentang perjalanan Maliq & D’Essentials selama 17 tahun. Lagu hits seperti "Terdiam," "Dia," "Pilihanku," dan "Setapak Sriwedari" masuk dalam album DVD berjudul Maliq & D’Essentials: Essential Hits Recorded Live in London.

"Untuk efisiensi, kami cuma waktu satu hari merekam 12 lagu dalam 10 jam, tapi seperti biasa efektifnya 7 jam 12 lagu semuanya take live main barengan semua, tiap lagu ulang dua kali jadi 24 kali kita take," ujar vokalis utama Angga Puradiredja.

Awal memiliki ide untuk membuat merekam album di London, Angga bercerita telah menduga akan melalui banyak hambatan, termasuk mental.

"Hambatan pertama mental apakah ke sana bisa merekam terbaik karena ini akan didokumentasikan. Kami ingin berangkat ke sana dengan mental yang happy," kata Angga.

Selain mental, hambatan lainnya adalah teknis. Hal teknis pascaproduksi, menurut Angga, menjadi tantangan bagaimana menggabungkan video sesuai keinginan sutradara dengan audio.

Dalam mendistribusikan album Maliq & D’Essentials: Essential Hits Recorded Live in London, Maliq & D’Essentials mengandeng Jagonya Musik dan Sport Indonesia, sehingga DVD bisa didapatkan di seluruh gerai KFC.

"Sangat senang album ini bisa dirilis. Ini adalah DVD musik pertama yang dirilis KFC Indonesia, saya harap ini akan menjadi permulaan yang bagus untuk ke depannya," ujar CEO Jagonya Musik & Sport Indonesia, Steve Lillywhite.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement