Jumat 13 Sep 2019 06:23 WIB

Banyuwangi Gelar Savana Duathlon dan Tur Internasional Ijen

Sports tourism telah menjadi bagian atraksi wisata Banyuwangi.

Red: Fernan Rahadi
Balap sepeda
Foto: Pemkab Banyuwangi
Balap sepeda

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUWANGI -- Banyuwangi Festival di bulan September ini akan menghadirkan beragam event menarik. Salah satunya atraksi wisata olahraga, alias sports tourism. Ada dua ajang sports tourism yang bakal digeber di Banyuwangi, yakni Savana Duathlon dan International Tour De Banyuwangi Ijen (ITdBI).

Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan, sports tourism telah menjadi bagian atraksi wisata Banyuwangi khususnya untuk menggaet wisatawan pecinta olahraga. Banyuwangi sendiri memiliki banyak sports tourism berbasis olahraga lari, dan bersepeda.

“Olahraga lari dan bersepeda ini peminatnya luas. Bukan hanya kalangan atlet profesional saja. Dua jenis olahraga ini punya pehobi berbasis komunitas yang solid, dan merata di Indonesia,” kata Bupati Anas, Senin (9/9).

Kompetisi balap sepeda International Tour de Banyuwangi Ijen digeber pada 25-28 September. Sementara Banyuwangi Duathlon akan dilaksanakan 15 September. Banyuwangi Duathlon memadukan dua olahraga sekaligus, yaitu lari dan bersepeda.