Jumat 13 Sep 2019 10:52 WIB

Pesan Nabi: Didiklah Anakmu Atas 3 Hal

Jangan sampai meninggalkan generasi yang lemah ilmu, agama dan akhlaknya.

Red: Irwan Kelana
Ilustrasi Anak membaca Alquran
Foto: AP /Hatem Moussa
Ilustrasi Anak membaca Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Rasulullah SAW memberikan tuntunan kepada orang tua untuk mendidik anak-anaknya dengan baik. Salah satu di antaranya hadis Rasulullah SAW yang menyuruh orang tua mendidik anaknya terkait tiga hal. 

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh At-Tabrani dari Ali bin Abi Thalib RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Didiklah anak-anakmu atas tiga hal:  mencintai nabimu, mencintai ahli baitnya dan membaca Alquran. Sebab, orang yang mengamalkan Alquran nanti akan mendapatkan naungan Allah pada hari ketika tiada naungan kecuali dari-Nya bersama para nabi dan orang-orang yang suci.”

“Hadis di atas menegaskan perintah Nabi terkait tanggung  jawab orang tua terhadap anaknya,” kata Ustaz Taufiqurrahman SQ saat mengisi pengajian guru Sekolah Bosowa Bina Insani (SBBI) di Masjid Al-Ikhlas Bosowa Bina Insani, Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/9).

Pada kesempatan tersebut, Ustaz Taufiqurrahman membahas kitab Mukhtarul Hadits an Nabawiyah, hadis 48. “Sebagai orang tua, kita harus mendidik anak-anak kita agar selalu mencintai Nabi Muhammad SAW, keluarga Nabi dan baca-tulis Alquran,” ujarnya seperti dikutip dalam rilis SBBI.