Sabtu 14 Sep 2019 00:03 WIB

Why City-Liverpool Begitu Kuat? Mourinho Berikan Analisanya

Liverpool masih memimpin klasemen Liga Primer Inggris dengan 12 poin.

Red: Didi Purwadi
Jose Mourinho
Foto: EPA-EFE/Peter Klaunzer
Jose Mourinho

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada musim lalu, Liverpool dan Manchester City saling geser di puncak klasemen Liga Primer Inggris sebelum City akhirnya mengunci gelar juara di pekan terakhir pertandingan. The Citizen mampu mempertahankan gelar dengan hanya terpaut satu poin dari The Reds yang mengoleksi 97 poin.

Kedigdayaan mereka di panggung Liga Inggris sejauh ini tampak masih berlanjut pada musim ini. Di papan klasemen sementara, Liverpool masih memimpin dengan 12 poin dari hasil empat kali kemenangan beruntun. City menempel di posisi kedua dengan terpaut dua poin.

''Saya pikir struktur klub (yang membuat mereka tak tertandingi),'' ujar Jose Mourinho, mantan manajer Chelsea dan Manchester United, kepada Telegraph ketika ditanya soal kekuatan Liverpool dan Manchester City, Jumat (13/9).

Liverpool dan Manchester City memiliki struktur kuat karena setiap elemen klubnya sepaham dalam mencapai tujuan mereka bersama. Contohnya Manchester City dimana pemilik klub, Ferran Soriano (chief executive), Txiki Begiristain (direktur sepak bola), Pep Guardiola (manager), staf Pep hingga para pemain itu satu ide.

''Mereka terlihat seperti sebuah harmoni, saling berempati, terjalin chemistry, dan berkualitas,'' kata Mourinho. ''Mereka berbagi tujuan yang sama, berbagi ide yang sama.''

Lalu, bagaimana dengan Liverpool? Menurut pelatih yang pernah menjuluki dirinya The Special One ini, Juergen Klopp beruntun karena mendapat kepercayaan penuh dalam mengarsiteki Mohamed Salah dan kawan-kawan. Klopp dalam posisi bagus dan stabil.

''Saya pikir dia (Juergen Klopp) memiliki kontrol penuh atas 'wilayahnya' sendiri,'' kata Mourinho. ''Dia didukung oleh orang-orang yang memiliki pikiran yang sama, struktur klub yang memiliki satu ide yang sama.''

Mourinho menilai Guardiola dan Klopp merupakan pelatih fantastik. Jika suatu hari nanti salah satunya memutuskan untuk hengkang dan digantikan pelatih hebat lainnya, Mourinho yakin Liverpool atau Manchester City masih tetap akan hebat seperti sekarang ini. Selama struktur klubnya tetap solid dalam mencapai tujuan bersama mereka.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement