Selasa 17 Sep 2019 12:43 WIB

Sekolah MAN di Depok akan Dibangun di Curug pada 2020

Hingga saat ini, Kota Depok belum memiliki sekolah MAN.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Kini makin banyak madrasah yang memiliki keunggulan dan mampu menjadi alternatif pendidikan. (Ilustrasi)
Foto: Antara
Kini makin banyak madrasah yang memiliki keunggulan dan mampu menjadi alternatif pendidikan. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Pada 2020, sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Depok akan dibangun di Kawasan Curug, Bojongsari. Hingga saat ini, Kota Depok belum memiliki sekolah MAN.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok, Asnawi optimistis Kota Depok akan segera memikiki sekolah MAN. "Lahannya sudah disediakan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok di Kawasan Curug, Bojongsari. Saya optimistis tahun depan akan dibangun," ujar Asnawi di Kantor Kemenag Kota Depok, Selasa (17/9).

Menurut Asnawi, salah satu syarat dibangunnya sekolah MAN adalah adanya hibah tanah yang diberikan pada Kemenag. Secara anggaran pihaknya tidak memiliki dana untuk pembelian atau pun pembebasan lahan yang diperuntukkan bagi pembangunan gedung sekolah.

"Memang aturannya tidak ada anggaran dari Kemenag untuk pembelian lahan, bahkan Bappenas sendiri. Setelah kami komunikasi intens dengan Pemkot Depok akhirnya ada lahan kurang lebih seluas 3.500 meter persegi di kawasan Curug. Ini untuk tahap awal," jelas Asnawi.

Asnawi menambahkan, syarat utama pembangunan adalah adanya lahan dari Pemkot Depok atau hibah yang telah memiliki sertifikat atas nama Kemenag. Setelah lahan tersedia, pihaknya bisa melanjutkan pembangunan. "Alhamdulillah kami optimis dengan kerja sama serta jalinan komunikasi dengan Pemkot Depok," ucapnya.

Lebih jauh dijelaskan Asnawi, saat ini fokus pembangunan pada gedung MAN karena itu berdasarkan kebutuhan dan banyaknya permintaan masyarakat. Pendidikan di madrasah, lanjut dia, tidak bisa dianggap sebelah mata. "Sebab, kualitas dan kemampuannya juga bersaing dengan sekolah umum lainnya. Bahkan, sejumlah prestasi yang diperoleh Madrasah Aliyah di Kota Depok juga telah membawa nama baik di tingkat lokal maupun Nasional," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement