Ahad 22 Sep 2019 00:32 WIB

Trump Setuju Kirim Pasukan AS ke Arab Saudi

Trump setuju mengirim pasukan ke Arab Saudi usai serangan terhadap fasilitas minyak.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Bayu Hermawan
Presiden AS Donald Trump
Foto: Christian Hartmann, Pool via AP
Presiden AS Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Presiden AS Donald Trump pada Jumat (20/9) menyetujui pengiriman pasukan Amerika Serikat untuk meningkatkan pertahanan udara dan rudal Arab Saudi setelah serangan terbesar yang pernah terjadi pada fasilitas minyak kerajaan. Washington menyalahkan Iran atas serangan itu.

Pentagon mengatakan pengerahan itu akan melibatkan sejumlah pasukan moderat, tidak berjumlah ribuan, dan pada dasarnya akan bersifat defensif. Badan pertahanan AS itu juga merinci rencana untuk mempercepat pengiriman peralatan militer ke Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Baca Juga

Sebelumnya dilaporkan bahwa Pentagon mempertimbangkan untuk mengirim baterai anti-rudal, drone, dan lebih banyak jet tempur. AS juga mempertimbangkan untuk mempertahankan kapal induk di wilayah tersebut tanpa batas waktu.

"Menanggapi permintaan kerajaan, presiden telah menyetujui pengerahan pasukan AS, yang akan bersifat defensif dan terutama berfokus pada pertahanan udara dan rudal," Menteri Pertahanan AS Mark Esper.

"Kami juga akan bekerja untuk mempercepat pengiriman peralatan militer ke kerajaan Arab Saudi dan UEA untuk meningkatkan kemampuan mereka untuk mempertahankan diri," tambahnya.

Pengumuman Pentagon Jumat malam tampaknya menutup pintu bagi setiap keputusan segera untuk melakukan serangan balasan terhadap Iran setelah serangan itu. Serangan ini telah mengguncang pasar global dan mengekspos kesenjangan besar dalam pertahanan udara Arab Saudi.

Trump mengatakan sebelumnya pada Jumat bahwa ia percaya pertahanan diri militernya sejauh ini menunjukkan "kekuatan," karena ia malah memberlakukan putaran lain sanksi ekonomi terhadap Teheran.

“Karena hal termudah yang bisa saya lakukan,‘ Oke, silakan. Hancurkan 15 hal utama yang berbeda di Iran', tapi saya tidak ingin melakukan itu jika saya bisa," kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih.

Namun penyebaran itu dapat semakin memperburuk Iran, yang telah menanggapi penyebaran pasukan AS sebelumnya tahun ini dengan ketakutan. Iran membantah bertanggung jawab atas serangan terhadap Arab Saudi.

Gerakan Houthi Yaman yang berpihak Iran, yang telah berjuang melawan koalisi militer yang dipimpin Saudi yang mencakup UEA, telah mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement