Ahad 22 Sep 2019 07:28 WIB

Humania Ungkap Alasan Vakumnya Selama 19 Tahun

Tahun ini Humania memastikan kembali mewarnai dunia musik Tanah Air.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Indira Rezkisari
Musisi band Humania Eki Puradireja dan Heru Singgih berkunjung ke kantor Harian Umum Republika, Jalan Warung Buncit, Jakarta, Jumat (20/9/2019).
Foto: Republika
Musisi band Humania Eki Puradireja dan Heru Singgih berkunjung ke kantor Harian Umum Republika, Jalan Warung Buncit, Jakarta, Jumat (20/9/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duo Humania kembali berkarya di belantika musik Indonsia. Kembalinya dua musisi Eki Puradireja dan Heru Singgih itu ditandai dengan single mereka bertajuk “Semua Sama” yang dirilis pada Februari lalu, setelah keduanya vakum selama 19 tahun lamanya.

Setelah album ketiganya keluar pada tahun 2000, Eki menceritakan Humania memang tak lagi mengeluarkan karya. Alasannya, kesibukan masing-masing personel membuat keduanya tak menelurkan sebuah album.

Baca Juga

“Kita dari awal sebagai duo produser. Selama 10 tahun berkarya sebagai musisi. Kami ingin turun ke belakang layar, karena ternyata passion kita di situ,” ungkap Eki saat mengunjungi kantor Republika.

Eki menuturkan, ia kemudian sering masuk ke dalam produksi acara-acara musik dan  membangun berbagai jaringan musisi. Dia juga merupakan salah satu orang yang terlibat dalam festival jazz terkemuka, Java Jazz Festival yang setiap tahun diadakan. Hinga menjadi sosok di balik Maliq & D'essentials.