Rabu 25 Sep 2019 12:42 WIB

Gerakan Pendidikan Syekh Surkati

Syekh Surkati menata pendidikan modern pertama di Indonesia.

Red: Agung Sasongko
Jamiatul Kheir
Foto: wikipedia
Jamiatul Kheir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Syekh Ahmad Surkati pada mulanya mengajar di lembaga pendidikan Islam bernama Jamiat Kheir. Kemudian, mendirikan madrasahmadrasah Al-Irsyad Al-Islamiyyah untuk meneruskan perjuangannya mencerdaskan umat melalui gerakan pendidikan.

Wakil Ketua Pusat Dokumentasi dan Kajian Al-Irsyad Al-Islamiyah Ustaz Zeyd Ammar menceritakan, Syekh Surkati menata pendidikan modern pertama di Indonesia. Awalnya, murid-murid sekolah Islam belajar di atas tikar dan tanpa sera gam. Kemudian, Syekh Surkati mem buat sekolah Islam dikelola lebih profesional.

Baca Juga

"Syekh Ahmad Surkati menggagas pendidikan yang konsepnya pembinaan karakter, pendidikan yang memiliki kurikulum yang jelas, dan memiliki sistem madaris," ujarnya.

Sistem madaris menyajikan ruang kelas, seperti sekolah-sekolah di Eropa. Siswanya memakai seragam saat belajar seperti di sekolah orangorang Barat. Sistem madaris juga memiliki manajemen sekolah seperti jadwal mata pelajaran dan tingkatan seperti diniyah, ibtidaiyah, awal iyah, tsanawiyah, aliyah, dan mualimin.