Kamis 26 Sep 2019 12:19 WIB

Rumah Zakat Berangkatkan Mobil Oksigen

Rumah Zakat mengirimkan 100 relawan ke lokasi terdampak karhutla.

Red: Dwi Murdaningsih
Rumah Zakat memberangkatkan armada berupa Mobil Oksigen dan Armada logistik ke lokasi terdampak kebakaran hutan.
Foto: rumah zakat
Rumah Zakat memberangkatkan armada berupa Mobil Oksigen dan Armada logistik ke lokasi terdampak kebakaran hutan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rumah Zakat memberangkatkan armada berupa Mobil Oksigen dan Armada logistik ke lokasi terdampak kebakaran hutan. Mobil oksigen membawa oksigen, obat–obatan dan Masker N-95.

Rumah Zakat juga menyediakan pos darurat kabut asap, pos segar, peralatan logistik, ambulans, mobil oksigen, layanan kesehatan, dan telah mendistribusikan 15.200 masker di Pontianak, Pekanbaru, Palembang, Palangkaraya, Palembang, Banjarmasin, Medan dan Padang.

Baca Juga

“Kami akan terus berupaya memberikan penanganan terbaik bagi masyarakat yang terpapar asap. Penanggulangan bencana ini bukan hanya pemerintah yang bertanggung jawab, tapi kita juga mempunyai kewajiban untuk memberikan solusi atas bencana asap yang terjadi ini,” kata Nur Efendi, CEO Rumah Zakat, Rabu (25/9).

Efendi menambahkan, kualitas udara semakin memburuk, maka Rumah Zakat menyediakan Safe House bagi warga yang terdampak kabut asap di 5 lokasi yaitu 2 Safe House di Pekanbaru, 1 Safe House di Pontianak dan 1 Safe House di Jambi. 

Warga yang tinggal di Safe House Rumah Zakat akan mendapatkan fasilitas tim medis, obat-obatan, masker, dan ambulans antar jemput. Selain itu, mereka juga diberikan makan selama tiga kali sehari. Salah satu penghuni Safe House Rumah Zakat adalah anak-anak dan santri Darul Quran.

“Safe house ini merupakan tempat tinggal sementara bagi warga yang terpapar kabut asap. Tempat ini kedap udara dan ada pendingin ruangan, setidaknya keadaan mereka lebih baik dari sebelumnya,” tambah Murni Alit Baginda, Chief Program Officer Rumah Zakat.

Kebutuhan mendesak saat ini yang dibutuhkan warga di antaranya pos kesehatan, oxycan, masker N-95, siap siaga ambulans, dan alat pemadam kebakaran.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَّتَّخِذُ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ اَنْدَادًا يُّحِبُّوْنَهُمْ كَحُبِّ اللّٰهِ ۗ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَشَدُّ حُبًّا لِّلّٰهِ ۙوَلَوْ يَرَى الَّذِيْنَ ظَلَمُوْٓا اِذْ يَرَوْنَ الْعَذَابَۙ اَنَّ الْقُوَّةَ لِلّٰهِ جَمِيْعًا ۙوَّاَنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعَذَابِ
Dan di antara manusia ada orang yang menyembah tuhan selain Allah sebagai tandingan, yang mereka cintai seperti mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman sangat besar cintanya kepada Allah. Sekiranya orang-orang yang berbuat zalim itu melihat, ketika mereka melihat azab (pada hari Kiamat), bahwa kekuatan itu semuanya milik Allah dan bahwa Allah sangat berat azab-Nya (niscaya mereka menyesal).

(QS. Al-Baqarah ayat 165)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement