Ahad 29 Sep 2019 23:51 WIB

Subuh Berjamaah Tanda Kebangkitan Umat

Ke depan, shalat Subuh itu benar-benar bisa menajdi DNA-nya umat Islam.

Red: Agung Sasongko
Ribuan masyarakat mengikuti Shalat Subuh Berjamaah Akbar, di Masjid Raja Jawa Barat, Alun-alun Kota Bandung, Ahad (22/9).
Foto: Republika/Edi Yusuf
Ribuan masyarakat mengikuti Shalat Subuh Berjamaah Akbar, di Masjid Raja Jawa Barat, Alun-alun Kota Bandung, Ahad (22/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Inisiator sekaligus Dewan Syuro Pejuang Subuh Arisakti Prihatwono mengatakan, gerakan subuh berjamaah di masjid ini sangat penting karena bisa membangkitkan umat Islam. Cukup dengan shalat subuh berjamaah di masjid setiap hari dan melakukan aktivitas lainnya itu sudah merupakan tanda kebangkitan umat dan kejayaan umat.

Makanya, ini menjadi penting bagi anak-anak muda khususnya, ujar pria yang akrab dipanggil Rico ini. Berikut wawancara lengkap wartawan Republika, Muhyiddin, bersama Arisakti Prihatwono saat ditemui di kediamannya, Cawang, Jakarta Timur, belum lama ini

Tantangan apa yang dihadapi sejak berdiri?

Tantangannya tentu saja terkait dengan dakwah itu sendiri. Banyak yang belum mengenal apa itu Pejuang Subuh. Awalnya, kita dianggap sebagai organisasi yang tidak mem pu nyai dasar hukum. Selain itu, namanya anak muda kadang-kadang silaturahminya dengan sesepuh juga kurang.