Kamis 03 Oct 2019 08:49 WIB

Ada Pintu Khusus Penumpang KA Bandara di Stasiun Manggarai

Keberadaan pintu khusus ini membuat pengguna KA Bandara lebih nyaman dan leluasa.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Sejumlah model memeragakan busana di Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (2/5).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah model memeragakan busana di Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (2/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mulai akhir pekan ini, Sabtu (5/10) Stasiun Manggarai sudah bisa melayani naik turun penumpang kereta api (KA) Bandara Soekarno-Hatta. Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Danto Restiawan mengatakan terdapat pintu khusus untuk penumpang KA bandara di Stasiun Manggarai.

"Pintu masuk menuju Stasiun KA Bandara dipisahkan dengan pintu masuk untuk kereta rel listrik (KRL) dan KA jarak jauh," kata Danto, Rabu (2/10).

Baca Juga

Dengan demikian, kata dia, para pengguna KA Bandara akan lebih nyaman dan leluasa. Dia memastikan pintu masuk Stasiun KA Bandara terletak di sisi barat akses utama Stasiun Manggarai di Jalan Saharjo I, samping jembatan kereta yang menuju ke arah Pasaraya Manggarai.

Danto menjelaskan, pintu masuk khusus penumpang KA Bandara dipisah karena lintasan kereta tersebut tererletak di jalur 9 dan 10 yang terletak di jalur paling Barat. Selain itu penumpang yang datang langsung ke Stasiun Manggarai tidak melalui pintu depan karena calon penumpang KA Bandara akan terkendala pergerakan kereta di  KA yang sangat padat dan ramainya penumpang KRL.

"Apabila calon penumpang harus melalui akses utama, maka mereka harus melintasi jalur yang cukup banyak dan jauh serta melalui perlintasan rel yang tidak mendukung untuk membawa koper atau bawaan yang besar. Jadi kami membuatkan akses yang lebih dekat dan nyaman," tutur Danto.

Selain itu, Danto memastikan KA Bandara juga menjadi alternatif bagi penumpang KRL yang ingin melanjutkan perjalanan dari stasiun Manggarai menuju Stasiun BNI City, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta. Penumpang dapat menuju keperon 9 dan 10 untuk tap out KRL dan melanjutkan perjalanan menggunakan KA Bandara dengan melakukan pembelian tiket melalui bending machine dan POS.

Dengan dioperasikannya KA Bandara di Stasiun Manggarai, Danto menilai masyarakat mempunyai alternatif akses untuk menuju bandara. Jika sebelumnya layanan KA Bandara hanya bisa dicapai melalui Stasiun Sudirman Baru (BNI City), Stasiun Duri dan Stasiun Batu Ceper, kini masyarakat bisa mengakses dari Stasiun Manggarai.

Keberangkatan KA Bandara dari Stasiun Manggarai akan dilakukan setiap 30 menit sekali mulai pukul 05.10 WIB. Sementara itu, keberangkatan terakhir dari Stasiun Manggarai mulai pukul 21.40 WIB. Lalu untuk jadwal kedatangan, mulai pukul 07.17 WIB dan kedatangan terakhir pukul 00.17 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement