Senin 07 Oct 2019 00:30 WIB

3 Warisan Arsitektur Islam di Nigeria

Nigeria adalah negara yang memiliki jumlah populasi Muslim terbesar di Afrika Barat.

Red: Joko Sadewo
Foto: republika
Arsitektur Islam

REPUBLIKA.CO.ID, Nigeria adalah negara yang memiliki jumlah populasi Muslim terbesar di Afrika Barat. Pew Research Center memperkirakan pada  2010 terdapat 48,5 persen Muslim di Nigeria dari keseluruhan jumlah penduduk. Islam pertama kali tiba di Nigeria pada abad ke-9.

Berikut tiga arsitektur warisan Islam di Nigeria :        

1.    Gobarau Minaret

Menara setinggi 15 meter ini terletak di pusat Kota Katsina, Nigeria Utara.  Bukti awal arsitektur Islam  pertama di Afrika Barat. Selesai pada masa pemerintahan Sarkin Katsina (Raja) Muhammadu Korau (1398-1408), raja Muslim pertama Katsina.

2.    Masjid Sheikh Alimi

Masjid Sheikh Alimi terletak di Kota Ilorin, Nigeria. Kota ini dikenal luas sebagai kota ulama dan pusat pengetahuan Islam. Masjid dibangun pendiri Kerajaan Islam Syekh Alimi pada  1810. 

3.    Hubbaren Shehu

Hubbaren Shehu atau dikenal sebagai rumah Syekh Usman Danfodio. Contoh luar biasa dari arsitektur tradisional Islam Sudan-Arab yang khas dan tetap tidak berubah selama lebih dari 200 tahun. Pusat terkenal Islam meskipun berada pada abad ke-19 dan ke-20 yang merupakan periode kegiatan misionaris dan kolonialisme di Afrika.

Pengolah: Nashih Nashrullah, dari berbagai sumber

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement