Sabtu 05 Oct 2019 13:33 WIB

Tengkorak Manusia Ditemukan Dekat Makam Bersejarah di Indramayu

Tengkorak kepala manusia ditemukan utuh tak jauh dari area makam Raden Wirapati

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

INDRAMAYU, AYOBANDUNG.COM -- Seonggok tengkorak kepala manusia ditemukan utuh tak jauh dari area makam Raden Wirapati (Wiralodra II) atau Bupati Kedua Kabupaten Indramayu. Lokasi penemuan tengkorak itu berada di sebuah ruko bekas warung internet (warnet) milik Mustofid di Jalan Wiralodra, Kelurahan Lemahabang, Kecamatan/Kabupaten Indramayu.

Setelah ditemukan pada Kamis (3/10/2019), aparat Polres Indramayu telah mendokumentasikan dan mengamankan area temuan tersebut. Tengkorak itu ditemukan di kedalaman 2,8 meter.

AYO BACA : Ribuan Hektare Sawah di Indramayu Puso

Tengkorak ditemukan pertama kali oleh seorang pekerja bangunan, Wartono (32). Kala itu, dia tengah menggali di lokasi bekas warnet yang akan dibangun sebuah tempat cuci mobil.

Tak hanya kepolisian, Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Indramayu pun terlibat dalam pendokumentasian dan pengumpulan data temuan yang tak disengaja itu. Selain tengkorak kepala manusia, ditemukan pula serpihan kayu dan besi masing-masing satu buah. 

AYO BACA : Warga Indramayu Jadi Korban Tewas Jembatan Ambruk di Taiwan

Atas temuan itu, aparat kepolisian di bawah komando Kapolsek Indramayu Kota, AKP Karyaman, maupun tim TACB Kabupaten Indramayu sepakat meminta pemilik lahan menghentikan sementara pekerjaan di lokasi sampai menanti rekomendasi dari Balai Arkeologi Bandung dan Balai Pelestarian Cagar Budaya provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten di Serang. 

Ketua Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Indramayu, Dedy S Musashi mengaku belum dapat memastikan identitas tengkorak tersebut. "Baik nama maupun usianya belum kami bisa kami pastikan, termasuk kemungkinan hubungan darah dengan Raden Wirapati," bebernya.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan Balai Arkeologi (Balar) Bandung dan BPCB Serang terkait temuan itu. Menurutnya, diperlukan ekskavasi lebih dulu. Sejauh ini, TACB Indramayu baru melakukan pendokumentasian dan meminta pemilik untuk menghentikan sementara pekerjaan.

"Menariknya, tengkorak itu ditemukan pada kedalaman 2,8 meter. Lapisan budaya belum terkoyak dan ada temuan penyertanya berupa serpihan kayu dan besi," ungkapnya antusias.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Balai Arkeologi Bandung untuk melakukan penelitian awal. Tim Balar Bandung diagendakam ke Indramayu pada Senin pekan depan.

AYO BACA : Dodol Mangga Indramayu Pecahkan Rekor MURI

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement