Selasa 08 Oct 2019 07:05 WIB

Koeman Senang Banyak Pilihan Pemain di Timnas Belanda

Belanda berupaya merebut posisi puncak Grup C.

Red: Israr Itah
Ronald Koeman
Foto: Reuters/Carl Recine
Ronald Koeman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Belanda Ronald Koeman mengaku senang dengan banyaknya opsi pemain yang tersedia ketika Oranje melakoni dua pertandingan kualifikasi Euro 2020 pekan depan. Belanda berupaya merebut posisi puncak Grup C.

Belanda dapat menempati posisi kedua dari Irlandia Utara, bila bisa mengalahkan mereka di Rotterdam pada pada Jumat (11/10). Virgil van Dijk dkk kemudian bisa menggeser Jerman dari posisi puncak bila berhasil meraih kemenangan atas Belarus di Minsk pada Ahad (13/10).

Baca Juga

“Sebagai pelatih, penting untuk berpikir keras tentang tim nasional dan pilihan sulit yang harus Anda buat. Semua pemain telah membuat langkah kuat dan itu hal paling positif,” kata Koeman dalam konferensi pers yang dilansir Reuters pada Selasa (08/10).

“Lini tengah dan serang, misalnya, memiliki banyak kemungkinan berbeda. Mungkin kami akan membuat beberapa perubahan di antara dua pertandingan tersebut, tetapi itu juga tergantung pada kondisi."

Kembalinya Donny van de Beek dari cedera juga menjadi keuntungan bagi skuat asuhan Ronald Koeman itu. Gelandang asal Ajax tersebut cedera bulan lalu ketika Oranje menang tandang di Jerman dan Estonia, tetapi telah tampil gemilang sejak kembali bermain. Ia membantu Ajax mengalahkan Valencia 3-0 di Liga Champions, pekan lalu.

"Donny memainkan beberapa peran berbeda di klubnya dan ia bisa melakukan hal yang sama untuk kita," kata Koeman.

"Ada juga peran untuk Kevin Strootman di lini tengah, tetapi ia bersaing dengan Frenkie de Jong yang berada di urutan pertama untuk jadi starter lini tengah."

Belanda saat ini tertinggal tiga poin di belakang Jerman dan Irlandia Utara, tetapi kedua tim tersebut sudah bermain satu pertandingan lebih banyak. Belanda telah bangkit di bawah Koeman sejak ia mengambil alih pada awal 2018. Sebelumnya, mereka tidak lolos ke putaran final Piala Euro 2016 di Prancis dan Piala Dunia 2018 di Rusia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement