Selasa 08 Oct 2019 16:38 WIB

Uji Coba LRT Batal Lagi

Gerbong KRL belum dikirim ke Jakarta dari PT INKa di Madiun

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Foto udara jalur kereta api ringan (LRT) Jabodebek rute Cawang-Cibubur di sisi Tol Jagorawi yang mengalami rekayasa lalu lintas contraflow akibat macet di Cibubur, Jakarta, Senin (7/10/2019).
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Foto udara jalur kereta api ringan (LRT) Jabodebek rute Cawang-Cibubur di sisi Tol Jagorawi yang mengalami rekayasa lalu lintas contraflow akibat macet di Cibubur, Jakarta, Senin (7/10/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Uji coba lintas rel terpadu (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) lintas Cibubur-Cawang batal lagi. Awalnya, uji coba LRT Jabodebek jalur tersebut akan dilakukan pada pekan ini, namun Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan masih membutuhkan waktu.

Sekretaris Perusahaan PT Adhi Karya mengatakan salah satu penyebab molornya uji coba KRL adalah gerbong KRL yang belum dikirim ke Jakarta dari PT INKA di Madiun Jawa Timur. Ia menyebut rencananya baru Selasa (7/10) sore ini kereta LRT akan dikirim dari Madiun ke Jakarta.

"Diperkirakan sampai Jakarta Sabtu mendatang (12/10), katanya kepada wartawan, Selasa (7/10). Namun ia berharap nanti ada penjelasan lebih detail dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk penjelasan soal kedatangan kereta KRL tersebut.

Direktur Operasional II PT Adhi Karya Pundjung Setya Brata sebelumnya mengatakan, rangkaian kereta LRT Jabodebek mulai diangkut ke Jakarta pada pekan ini dari PT Industri Kereta Api (Inka). Pundjung menjelaskan, nantinya total rangkaian untuk LRT Jabodebek sebanyak 180 rangkaian kereta.

Khusus untuk uji coba, lanjut dia, hanya akan menggunakan satu rangkaian yang terdiri dari enam kereta yang akan melintas di Stasiun Cibubur, Ciracas, Kampung Rambutan, Taman Mini, dan Cawang. Pundjung memastikan, setelah uji coba lintas Cibubur-Cawang selesai dan sukses, rangkaian kereta selanjutnya akan dikirim.

"Nanti tiap tiga bulan ada tiga rangkaian bertahap, setiap bulan satu rangkaian. Total ada 18 kereta (gerbong) setiap tiga bulan," ujar Pundjung.

Pundjung mengatakan, uji coba LRT Jabodebek lintas Cibubur-Cawang akan dilakukan selama tiga sampai enam bulan. Pundjung memastikan, tahapan selanjutnya akan tergantung hasil evaluasi uji coba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement