Kamis 10 Oct 2019 00:35 WIB

Mercedes Berpeluang Kunci Gelar Juara Konstruktor di Jepang

Mercedes saat ini unggul 162 poin dari Ferrari di klasemen konstruktor Formula Satu.

Red: Israr Itah
Pembalap Formula Satu Finlandia Valtteri Bottas dari Mercedes AMG GP
Foto: EPA-EFE/Diego Azubel
Pembalap Formula Satu Finlandia Valtteri Bottas dari Mercedes AMG GP

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mercedes berpeluang mengunci gelar juara dunia konstruktor keenam kalinya secara beruntun di Grand Prix Jepang yang akan digelar akhir pekan ini di Sirkuit Suzuka. Mercedes saat ini unggul 162 poin dari Ferrari di klasemen konstruktor Formula Satu (F1) 2019. Adapun Red Bull tertinggal 260 poin dari Mercedes dengan 220 poin maksimal tersedia hingga akhir musim ini.

Tim Silver Arrow yang selalu tampil dominan sejak era mesin hybrid turbo V6 diperkenalkan pada 2014, hanya perlu mengemas 14 poin lebih banyak dari Ferrari di Suzuka nanti untuk menyamai rekor tim rival asal Italia tersebut.

Baca Juga

"Kami akan membawa sejumlah upgrade kecil ke mobil kami di Jepang yang semoga bisa membawa kami ke arah yang benar," kata bos tim Mercedes Toto Wolff seperti dikutip Reuters, Rabu (9/10). "Namun, kami tahu bahwa kami harus mengeluarkan semuanya yang dimiliki mobil kami dan juga ban jika kami ingin meraih kemenangan."

Hamilton telah memenangi empat dari lima balapan terakhir di Suzuka. Saat ini pembalap asal Inggris itu memuncaki klasemen pembalap dengan unggul 73 poin dari rival terdekatnya yang juga rekan satu tim, Valtteri Bottas.

Akan tetapi, Hamilton baru bisa mendapat peluang mengunci gelar juara dunia di balapan Grand Prix Meksiko dua pekan mendatang.

Dengan satu kemenangan lagi, Hamilton, yang telah menang lima kali di Jepang, termasuk satu balapan di Fuji, bisa menyamai rekor Michael Schumacher yang telah juara GP Jepang sebanyak enam kali.

Tim rival, Ferrari tentunya tak akan tinggal diam setelah mengalami lonjakan performa di empat balapan terakhir. Pembalap asal Monako Charles Leclerc meraih pole position di empat balapan terakhir, tiga di antaranya dimenangi oleh Ferrari. Leclerc juara di Spa dan Monza, sementara Vettel juara di Singapura.

"Kami tahu agar berada di depan di Jepang setiap aspek dari kerja kami harus sempurna," kata kepala tim Ferrari Mattia Binotto.

"Jika kami bisa melakukan itu, maka kami bisa berharap tampil kompetitif seperti di balapan-balapan sebelumya."

Sementara itu, Honda yang memasok power unit ke Red Bull dan Toro Rosso, akan mendapati musim terbaiknya sejak kembali menjadi pemasok mesin pada 2015. Red Bull tahun ini telah mengemas dua kemenangan lewat Max Verstappen.

Pendukung tuan rumah pun akan menyambut juara Super Formula Naoki Yamamoto ketika pembalap asal Jepang itu mengendarai mobil Toro Rosso pada sesi latihan bebas Jumat (11/10). Hujan bisa tak terhindarkan karena topan Hagibis saat ini sedang menuju Jepang.

Badai itu diprediksi melintasi Tokyo, yang terletak 400 km di utara Suzuka, akhir pekan nanti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement