Kamis 10 Oct 2019 16:28 WIB

RD Akui Mentalitas Pemain Tira Persikabo Menurun

Fokus tim pelatih Tira Persikabo saat ini adalah mengembalikan mental tim.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Performa PS Tira Persikabo yang kian menurun pada kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2019, tengah menjadi sorotan. Setelah sebelumnya mampu mempertahankan catatan positif mengarungi 13 laga tanpa kekalahan, kini penampilan Laskar Padjajaran justru menukik tajam.

Teranyar, PS Tira Persikabo takluk 0-3 di tangan Persipura Jayapura. Hasil ini membuat PS Tira gagal meraih kemenangan dalam tujuh laga secara beruntun.

Baca Juga

Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan mengakui mentalitas anak asuhnya sedang menurun. Ia mengatakan, secara keseluruhan daya juang pemain untuk memenangkan pertandingan tidak seperti saat mempertahankan prestasi tak terkalahkan pada putaran pertama Liga 1 2019.

Pria yang akrab disapa RD ini menegaskan perlu adanya evaluasi untuk memperbaiki kondisi tim saat ini. "Saya menyoroti mentalitas tim di mana fighting spirit ada penurunan dan ini menjadi fokus untuk memperbaiki kondisi itu," ujar RD dikutip dari laman resmi Liga 1, Kamis (10/10). "Saya lihat ada penurunan motivasi tapi bukan dalam keadaan parah. Masih bisa diatasi karena ini hanya masalah trust saja, mereka harus cepat bangkit."

Saat ini, RD sedang berupaya mengembalikan kondisi fisik pemain setelah kembali dari libur. Ia berharap Ciro Alves dan kawan-kawan bisa memahami taktik bermain dengan lebih cepat di tengah banyaknya pemain yang absen untuk memenuhi panggilan tim nasional.

Di sisi lain, mantan arsitek tim Mitra Kukar itu mengaku memiliki satu agenda uji coba tertutup melawan tim yang masih dirahasiakan. "Saya mengembalikan kondisi fisik mereka untuk kembali ke level yang mereka punya sambil terus memberi pemahaman taktik bermain. Jujur kemarin kami tidak punya banyak waktu untuk berlatih bersama karena banyak pemain yang dipanggil ke timnas juga," jelas RD.

Saat ini, posisi Tira Persikabo di papan klasemen sudah tergeser oleh Madura United. Padahal, Laskar Padjajaran sempat menduduki peringkat pertama klasemen dan bersaing ketat dengan Bali United.

Namun, kegagalan Ciro Alves dkk mencuri poin pada beberapa laga terakhir, membuat Tira Persikabo tersisih ke peringkat ketiga dengan torehan 36 poin, selisih dua poin dengan Madura United di peringkat kedua. Sementara, Bali United tampak kokoh di puncak klasemen sementara dengan koleksi 48 poin. Laga terdekat Tira Persikabo adalah melawan Bhayangkara FC pada 19 Oktober mendatang.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

  • 1 kali
  • 2 kali
  • 3 kali
  • 4 kali
  • Lebih dari 5 kali
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement