Ahad 13 Oct 2019 07:27 WIB

Hotel Hard Rock New Orleans Ambruk, 1 Pekerja Tewas

Hotel Hard Rock tersebut sedang dalam pembangunan.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ani Nursalikah
Hotel Hard Rock yang sedang dalam pembangunan ambruk di New Orleans, AS, Sabtu (12/10). Sebanyak satu orang meninggal dalam insiden itu.
Foto: Scott Threlkeld/The Advocate via AP
Hotel Hard Rock yang sedang dalam pembangunan ambruk di New Orleans, AS, Sabtu (12/10). Sebanyak satu orang meninggal dalam insiden itu.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW ORLEANS -- Hotel Hard Rock yang sedang dalam pembangunan di New Orleans ambruk, Sabtu pagi (12/10) waktu setempat. Peristiwa ini menewaskan satu pekerja dan 18 orang lainnya mengalami luka-luka.

Masih ada dua orang yang terjebak di dalam reruntuhan bangun yang sedang dalam proses konstruksi itu. Tim penyelamat New Orleans sedang berusaha menyelamatkan dua pekerja tersebut.

Baca Juga

"Kami yakin kami tahu di mana mereka berada, tetapi, kami tidak memiliki visibilitas," kata Pimpinan Pemadam Kebakaran New Orleans Tim McConnell, dikutip dari CNN, Ahad (13/10).

Tim penyelamat dan pencari menggunakan anjing dan pesawat nirawak untuk melakukan kontak dengan para pekerja yang masih menghilang. Hanya saja, kondisinya tidak jelas.

"Kami menganggap mereka masih hidup," kata McConnell.

Rekaman video menunjukkan para pekerja keluar dari awan debu raksasa setelah lantai atas gedung runtuh dan puing memenuhi jalan di bawahnya. Setelah keruntuhan, 18 orang yang terluka dibawa dengan ambulans ke rumah sakit terdekat. Namun, dalam beberapa jam terakhir, lebih banyak lagi yang datang sendiri mencari bantuan medis.

Direktur Layanan Medis Darurat untuk Kota New Orleans Emily Nichols mengatakan, semua yang terluka sudah dalam kondisi stabil. Dia belum memberi tahu tentang jumlah pasti korban yang telah tertangani.

Meski banyak korban luka dari peristiwa runtuhnya gedung tersebut, tidak ada laporan korban dari pejalan kaki atau pengendara di jalan. Sebanyak tiga orang yang dikabarkan menghilang ditemukan di rumah sakit terdekat.

Evakuasi korban telah selesai, tetapi, pihak berwenang mengingatkan untuk berhati-hari di sekitar bangunan. Ada kemungkinan sisa bangunan yang masih bertahan dapat runtuh kembali.

Beberapa blok di sekitar area dan jalan-jalan sekitarnya telah ditutup karena derek yang melekat pada bangunan tidak stabil dan bisa runtuh pula. Pihak berwenang mengevakuasi beberapa bangunan terdekat dan menangguhkan layanan trem di daerah itu.

Hingga saat ini belum jelas penyebab dari runtuhnya bangunan tersebut. Para kru di lokasi sedang mengerjakan pembangunan Hard Rock Hotel yang baru dengan 350 kamar, hanya beberapa langkah dari French Quarter yang bersejarah di kota itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement