Selasa 15 Oct 2019 18:15 WIB

Mencicipi Mangut Lele Kuliner Khas Yogyakarta

Kuah mangut kaya rasa.

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)
Mangut lele
Mangut lele

Ceknricek.com -- Pernahkah Anda mencicipi "mangut lele" makanan khas dari Yogyakarta? Jika belum sesekali bolehlah Anda mencobanya. Berbeda dengan pecel lele, mangut lele adalah sajian berbahan dasar lele yang dipadukan dengan kuah mangut yang kaya rasa. Ini adalah sebuah upaya untuk mengangkat cita rasa ikan air tawar.

Proses memasak mangut lele dimulai dengan membersihkan ikan lele, lalu membumbuinya di rendaman air jeruk nipis, bawang putih, dan garam. Setelah sedikit direndam, lele kemudian digoreng sampai matang, lalu disisihkan.

Untuk membuat kuah mangut, diperlukan bumbu halus dari campuran bawang merah, bawang putih, cabai merah, kemiri, kencur, dan ketumbar. Bumbu halus ini kemudian ditumis bersama lengkuas, daun jeruk, serai, dan daun salam.

Baca Juga: Nasi Jagung Putih Khas Bromo, Sego Ndeso Tengger

Sumber: Travelingyuk.com

Setelah bumbu mengeluarkan aroma yang sedap, itu artinya sudah cukup matang, sehingga bisa ditambahkan air bersama santan, lalu diaduk. Tambahkan juga kecap, garam, dan gula, lalu di akhir, lele yang sebelumnya sudah dimasak. Terus masak sampai kuah semakin berkurang dan teksturnya semakin kental. Setelah itu, hidangan mangut lele bisa segera disajikan.

BACA JUGA: Cek SEJARAH, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

Advertisement
Berita Lainnya