Rabu 16 Oct 2019 17:37 WIB

Sulawesi Selatan Hingga Tenggara Terhubung Tol Listrik

Keberadaan jaringan itu akan menambah efektifitas penyaluran listrik ke pelanggan.

Red: Gita Amanda
Interkoneksi jaringan atau tol listrik pln di sulawesi
Foto: Republika
Interkoneksi jaringan atau tol listrik pln di sulawesi

REPUBLIKA.CO.ID, KOLAKA -- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero rampung membangun jaringan tol listrik yang menghubungkan Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara. General Manager PLT Unit Induk Pembangunan Sulawesi Bagian Selatan I Putu Raisa mengatakan, keberadaan jaringan tersebut akan menambah efektifitas penyaluran listrik ke pelanggan.

"Dengan sinergi ini kami akhirnya bisa beroperasi maksimal karena Sulawesi itu dulu beroperasi sendiri-sendiri, tapi sekarang sudah menyatu," kata I Putu Raisa di Makassar, Rabu (16/10).

Baca Juga

Dia mengatakan, jaringan tol listrik itu sebenarnya sudah dioperasikan mulai Senin (9/9) lalu. Dia mengungkapkan, jaringan kabel kelistrikan sepanjang 797 kilometer sirkuit (kms) ini menghubungkan antara Sulawesi Selatan (Sulsel), Sulawesi Barat (Sulbar) dan Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dia menjelaskan, proses konstruksi interkoneksi jaringan ini melintasi 1.263 tower yang dibangun dan melewati enam gardu induk. Semua fasilitas itu membentang dari Wotu, Malili, Lasusua, Kolaka, Unaaha hingga Kendari. Dia mengatakan, jaringan tol listrik itu siap memasok kebutuhan eletrifikasi masyarakat dan industri.