Sabtu 19 Oct 2019 11:19 WIB

Mengandung Asbes, Bedak Johnson & Johnson Ditarik

Penarikan dilakukan karena adanya tuntutan dari konsumen.

Rep: Febryan A/ Red: Andi Nur Aminah
Bedak bayi Johnson & Johnson
Foto: BBC
Bedak bayi Johnson & Johnson

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Perusahaan yang memproduksi bedak bayi Johnson & Johnson akhirnya memutuskan untuk menarik produknya dari pasaran mulai Jumat (18/10) lalu. Hal itu dilakukan lantaran banyak tuntutan dari kosumen yang merasa dirugikan lantaran bedak itu mengandung asbes di dalamnya.

Dalam pernyataan resmi perusahaan tersebut, disebutkan bahwa penarikan memang karena adanya tuntutan dari konsumen usai otoritas makanan dan kosmetik (FDA) Amerika Serikat (AS) menemukan asbes dalam bedak bayi itu. Tapi perusahaan mengklaim, kandungan asbes itu hanyalah 0,00002 persen saja.

Baca Juga

Juru bicara perusahaan, Erni Kerwetz, mengatakan, penarikan produk dari pasaran itu baru kali pertama terjadi setelah 40 tahun bedak Johnson & Johnson diproduksi. Sebelum kejadian kali ini, ia juga memastikan bahwa perusahaan telah melakukan standar pengecekan yang tinggi untuk memastikan tidak ada kandungan asbes di dalam produk tersebut.

"Ribuan pengujian yang telah kami lakukan selama 40 tahun terakhir menunjukkan bahwa para konsumen kami tidak terkontiminasi asbes. Poduk kami dibuat dari bahan yang telah melewati pemeriksaan dengan standar tinggi. Terlebih, pengecekan produk kami juga diuji dan telah diakui oleh laboratorium independen, universitas dan otoritas kesehatan global," kata sebagaimana dilansir Fox News, Sabtu (19/10).

Sebelumnya, ribuan tuntutan hukum dilayangkan oleh konsumen Johnson & Johnson yang merasa dirugikan lantaran bedak bayi ikonik itu terkontaminasi asbes. Sebab, asbes bisa menyebabkan kanker ovarium dan jenis kanker langka lainnya.

Seorang profesor bisnis di University of Michigan, Erik Gordon, mengatakan, penarikan yang dilakukan akan membuat perusahaan sulit memberikan pembelaan di pengadilan. Akibatnya, perusahaan tersebut diperkirakan akan mengeluarkan banyak biaya untuk menyelesaikan masalah ini.

Adapun kandungan asbes, berdasarkan kajian Oregoin State University, jika tertelan bisa mengendap di paru-paru atau saluran pencernaan. Sedangkan tubuh tak bisa menghancurkannya secara alami, sehingga sejumlah masalah kesehatan serius bisa muncul seperti asbestosis, kanker paru-paru dan mesothelioma.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement