Rabu 23 Oct 2019 09:30 WIB

Perjalanan Prabowo, Kalah dari Jokowi Hingga Jadi Menhan

Prabowo diumumkan Presiden Jokowi menjadi Menteri Pertahanan pagi ini.

Red: Nur Aini
Bertemu Presiden Jokowi. Ketum Gerindra Prabowo Subianto tiba di Istana Kepresidenan untuk bertemu Presiden Joko Widodo, Jakarta, Senin (21/10).
Foto: Republika/ Wihdan
Bertemu Presiden Jokowi. Ketum Gerindra Prabowo Subianto tiba di Istana Kepresidenan untuk bertemu Presiden Joko Widodo, Jakarta, Senin (21/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama Prabowo menjadi Menteri Pertahanan diumumkan langsung oleh Presiden Jokowi di Kompleks Istana Presiden, Rabu pagi (23/10).

Sebelumnya, Prabowo usai mendatangi Istana Negara untuk bertemu Presiden Joko Widodo pada Senin (21/10), Prabowo mengatakan dirinya diminta untuk mengurusi terkait pertahanan. Saat itu, Kehadiran Prabowo didampingi Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo. Kedatangan Prabowo ke Istana kala itu menjadi kejutan karena mantan Danjen Kopassus tersebut merupakan rival Jokowi dalam dua kali Pemilu Presiden (Pilpres) yaitu di 2014 dan 2019.

Baca Juga

Karir Politik Prabowo

Sosok Prabowo dalam dunia politik Indonesia sudah tidak asing lagi, dimulai ketika gagal mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Partai Golkar, anak dari Sumitro Djojohadikusumo itu lantas membentuk Partai Gerindra pada 2008 dan didapuk sebagai Ketua Dewan Pembina hingga saat ini. Karir politiknya semakin melejit ketika menjadi calon wakil presiden yang maju bersama Megawati Soekarnoputri sebagai calon presiden di Pilpres 2009. Namun pasangan yang dijuluki Mega-Pro itu kalah dari pasangan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)-Boediono.