Kamis 24 Oct 2019 13:28 WIB

Anggota Partai Republik Terobos Rapat Pemakzulan Trump

Rapat tertutup pemakzulan Donald Trump diterobos saat mendengarkan keterangan saksi.

Rep: Lintar Satria/Fergi Nadira/ Red: Nur Aini
Ketua House of Representative AS Nancy Pelosi resmi menggelar penyelidikan pemakzulan Presiden AS Donald Trump di Capitol Hill, Washington, Selasa (24/9).
Foto: AP Photo/Andrew Harnik
Ketua House of Representative AS Nancy Pelosi resmi menggelar penyelidikan pemakzulan Presiden AS Donald Trump di Capitol Hill, Washington, Selasa (24/9).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Anggota Partai Republik Amerika Serikat (AS) terobos rapat tertutup penyelidikan pemakzulan yang dipimpin anggota parlemen Partai Demokrat. Lebih dari dua lusin anggota House of Representative Partai Republik menerobos masuk saat seorang pejabat Kementerian Pertahanan sedang memberikan kesaksian.

Para anggota House dari Partai Demokrat mengatakan langkah itu membahayakan keamanan negara. Sebab, beberapa anggota Partai Republik membawa perangkat elektronik ke ruang steril.

Baca Juga

Langkah para anggota parlemen dari Partai Republik tersebut menarik perhatian nasional. Mereka berusaha untuk mengalihkan perhatian publik dari kesaksian diplomat AS kemarin yang mengakui Presiden AS Donald Trump menahan bantuan ke Ukraina kecuali negara itu bersedia menyelidiki keluarga kandidat calon presiden Joe Biden.

Manuver Partai Republik itu membuat kesaksian pejabat tinggi Departemen Pertahanan Laura Cooper ditunda hingga tengah malam. Perempuan itu mengawasi kebijakan luar negeri Ukraina. Tanya jawab akhirnya mundur lima jam dari jadwal yang sudah ditentukan dan berakhir dalam empat jam.