Kamis 24 Oct 2019 17:07 WIB

Ini Jadwal Pemberangkatan KRL Terakhir di Manggrai Besok

Pengguna yang hendak menggunakan KRL untuk menyesuaikan jadwal keberangkatan.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Gita Amanda
Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Rode Paulus (kanan) dan Direktur Utama Kereta Commuter Indonesia (KCI) Wiwik Widayanti (kiri) di Stasiun Manggarai, Kamis (24/10) menjelaskan mengenai pembatalan tiga perjalanan kereta rel listrik (KRL) yang akan dilakukan besok (25/10) malam.
Foto: Republika/Rahayu Subekti
Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Rode Paulus (kanan) dan Direktur Utama Kereta Commuter Indonesia (KCI) Wiwik Widayanti (kiri) di Stasiun Manggarai, Kamis (24/10) menjelaskan mengenai pembatalan tiga perjalanan kereta rel listrik (KRL) yang akan dilakukan besok (25/10) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) untuk besok, Jumat (25/10) malam, akan dibatalkan karena adanya proses switch over (SO) 3 di Stasiun Manggarai. Direktur Utama Kereta Commuter Indonesia (KCI) Wiwik Widayanti mengatakan jadwal pemberangkatan kereta terakhir di Stasiun Manggarai akan berubah khusus besok malam.

"KRL terakhir relasi Jakarta Kota-Bogor yaitu KA 1240 pemberangkatan Stasiun Jakarta Kota pukul 23.00 WIB di Manggarai," kata Wiwik di Stasiun Manggarai, Kamis (24/10).

Baca Juga

Selanjutnya, KRL terakhir relasi Manggarai-Bogor yaitu KA 1842 pemberangkatan Stasiun Manggarai pukul 23.57 WIB. Untuk KRL terakhir relasi Jatinegara-Bogor yakni KA 1834 pemberangkatan Stasiun Jatinegara pukul 21.58 WIB di Stasiun Manggarai.

"Lalu terakhir KRL terakhir relasi Bogor-Jakarta Kota yakni KA 1239 pemberangkatan Stasiun Bogor pukul 21.10 WIB di Stasiun Manggarai," tutur Wiwik.

Wiwik mengimbau para pengguna yang hendak menggunakan KRL untuk menyesuaikan keberangkatannya dengan jadwal-jadwal tersebut. Dia memastikan informasi pada perjalanan-perjalanan kereta yang terkait telah disampaikan melalui Petugas Pelayanan KRL (PPK) sejak Jumat 18 Oktober 2019.

Dia menegaskan KCI akan mendukung terus upaya pemerintah mengembangkan infrastruktur perkeretaapian agar perjalanan kereta semakin lancar. Dengan begitu KCI dapat melayani lebih banyak pengguna KRL untuk selanjutnya.

Sebelumnya, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Rode Paulus mengatakan tiga perjalanan KRL akan dibatalkan pemberangkatannya. "Kereta pertama yang dibatalkan yaitu KRL 1249 relasi Bogor-Jakarta Kota yang berangkat dari Stasiun Bogor pukul 21.47 WIB," kata Rode.

Selanjutnya, perjalanan kereta yang dibatalkan yaitu KRL nomor 1250 relasi Jakarta Kota-Bogor yang berangkat dari Jakarta Kota pukul 23.45 WIB. Lalu perjalanan kereta ketiga yaitu relasi Jatinegara-Manggarai yang berangkat dari Jatinegara pukul 23.00 WIB.

Rode menjelaskan hal tersebut dilakukan karena Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten di bawah Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan switch over (SO) 3 di Stasiun Manggarai besok Jumat.

"SO 3 ini akan dilakukan pada Jumat (25/10) malam pukul 22.00 WIB hingga Sabtu (26/10) pukul 04.00 WIB," tutur Rode.

Dia memastikan SO 3 dilakukan karena KAI akan menambah jalur baru di jalur enam Stasiun Manggarai. Dengan demikian, kata Rode, jika sebelumnya terdapat delapan jalur yang aktif di Manggarai nantinya setelah SO tiga dilakukan maka akan ada sembilan jalur yang aktif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement