Jumat 25 Oct 2019 18:53 WIB

Kebakaran Gunung Ciremai Hanguskan Ratusan Hektare

Pada Jumat sore, kepulan asap masih terlihat di dua titik

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Nur Aini
Helikopter MI-8 melakukan water bombing untuk pemadaman kebakaran hutan gunung Ciremai, Kuningan, Jawa Barat, Minggu (14/10).
Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
Helikopter MI-8 melakukan water bombing untuk pemadaman kebakaran hutan gunung Ciremai, Kuningan, Jawa Barat, Minggu (14/10).

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang melanda Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan sejak beberapa hari terakhir telah mencapai ratusan hektare. Hingga Jumat (25/10) pukul 17.00 WIB, kepulan asap masih terlihat di dua titik lokasi.

‘’Luas lahan yang terbakar ada sekitar 185 hektare, dengan vegetasi berupa semak, ilalang, dan rimba campur’’ ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin, Jumat (25/10).

Baca Juga

Agus menjelaskan, api mulai memasuki Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan pada Senin (21/10) pukul 16.46 WIB. Api itu sebelumnya berasal dari Blok Situmpuk, Desa Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, yang mulai terlihat pada Senin (21/10) pukul 10.00 WIB.

Menurut Agus, pada Jumat (25/10) pukul 17.00 WIB, kepulan asap masih terlihat di dua titik lokasi di wilayah Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan. Adapun dua titik itu, yakni di Blok Talaga Leunca dan Blok Gunung Dulang.

‘’Upaya pemadaman di kedua titik lokasi itu hingga kini masih terus dilaksanakan,’’ kata Agus.

Agus mengakui, upaya pemadaman kebakaran selama ini terkendala angin yang bertiup kencang. Selain itu, keterbatasan sumber daya manusia maupun kesulitan sinyal komunikasi juga mempersulit upaya tersebut.

Agus menyatakan, pada Sabtu (26/10), rencananya akan dilakukan mop up/memadamkan sisa api/bara yang masih menyala di areal kebakaran hutan. Penambahan personil pemadam juga akan dilakukan.

Gunung Ciremai berada di dua kabupaten, yakni Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka. Di musim kemarau ini, kebakaran pernah terjadi beberapa kali di gunung tersebut.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذَا قِيْلَ لَهُمْ اٰمِنُوْا بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ قَالُوْا نُؤْمِنُ بِمَآ اُنْزِلَ عَلَيْنَا وَيَكْفُرُوْنَ بِمَا وَرَاۤءَهٗ وَهُوَ الْحَقُّ مُصَدِّقًا لِّمَا مَعَهُمْ ۗ قُلْ فَلِمَ تَقْتُلُوْنَ اَنْۢبِيَاۤءَ اللّٰهِ مِنْ قَبْلُ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَ
Dan apabila dikatakan kepada mereka, “Berimanlah kepada apa yang diturunkan Allah (Al-Qur'an),” mereka menjawab, “Kami beriman kepada apa yang diturunkan kepada kami.” Dan mereka ingkar kepada apa yang setelahnya, padahal (Al-Qur'an) itu adalah yang hak yang membenarkan apa yang ada pada mereka. Katakanlah (Muhammad), “Mengapa kamu dahulu membunuh nabi-nabi Allah jika kamu orang-orang beriman?”

(QS. Al-Baqarah ayat 91)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement