Rabu 30 Oct 2019 19:47 WIB

Tutup Fit and Proper Test, Idham Kutip Buku Habibie

Idham Aziz berkomitmen melaksanakan tugas secara baik dan penuh rasa tanggung jawab.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ratna Puspita
Calon Kapolri Komjen Pol Idham Azis bersiap untuk mengikuti uji kepatutan dan kelayakan dengan Komisi III DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (30/10).
Foto: Republika /Prayogi
Calon Kapolri Komjen Pol Idham Azis bersiap untuk mengikuti uji kepatutan dan kelayakan dengan Komisi III DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (30/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi III DPR telah menyelesaikan tahapan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) calon Kapolri Komjen Idham Azis pada Rabu (30/10) sore. Pada akhir fit and proper test, Idham Azis mengutip tulisan Presiden RI ke-3 BJ Habibie dalam buku 'Detik-detik yang Menentukan'.

"Izinkan saya mengutip apa yang dikatakan Bapak Habibie, 'Kepada Tuhan saya tidak akan bertanya mengapa, kenapa, dan bagaimana. Namun jika hamba diperkenankan mengajukan satu permohonan, maka berilah hamba petunjuk serta kekuatan untuk mengambil jalan yang benar sesuai dengan kehendakMu'," katanya sembari membacakan kutipan dalam buku tersebut.

Baca Juga

Sejumlah pimpinan komisi III DPR, anggota komisi III DPR, serta perwira tinggi Polri yang hadir dalam fit and proper test langsung memberikan tepuk tangan. Setelah dilakukan fit and proper test selama lebih kurang dua jam, pimpinan menskors sidang untuk melakukan pengambilan keputusan.

Namun tidak lama kemudian, pimpinan komisi III kembali memasuki ruang rapat dan mengumumkan hasil kesepakatan. "Semua fraksi berkesimpulan bahwa tidak perlu lagi membuat pandangan fraksi, namun keputusan yang diambil semua poksi mengambil keputusan aklamasi untuk menyetujui saudara komjen Idham Aziz menjadi kepala kepolisian Republik Indonesia," kata Ketua Komisi III Herman Herry, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (30/10).