Kamis 31 Oct 2019 13:30 WIB

Ambon Masuk Daftar Kota Kreatif Terbaik Dunia Versi UNESCO

Kota Ambon termasuk kota terbaik di bidang musik.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Ani Nursalikah
kota Ambon
Foto: ist
kota Ambon

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa UNESCO menetapkan 66 kota di dunia sebagai kota kreatif, Rabu (30/10). Kota Ambon termasuk kota terbaik di bidang musik sebab membawa kontribusi nyata yang kreatif.

Dilansir situs resmi UNESCO, Direktur Jenderal UNESCO Audrey Azoulay mengatakan, Kota Kreatif UNESCO membawa kontribusi nyata untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan melalui pemikiran dan tindakan inovatif. Melalui komitmen masing-masing, kota-kota di seluruh dunia telah memperjuangkan tindakan pembangunan berkelanjutan yang secara langsung bermanfaat bagi masyarakat di tingkat perkotaan.

Baca Juga

"Di seluruh dunia, kota-kota ini, masing-masing dengan caranya sendiri, menjadikan budaya pilar, bukan aksesori, dari strategi mereka. Ini mendukung inovasi politik dan sosial dan sangat penting bagi generasi muda," ujar Azoulay.

Kota-kota tersebut membentuk bagian dari jaringan kota yang berasal dari semua benua dan wilayah dengan tingkat pendapatan dan populasi yang berbeda. Mereka bekerja bersama menuju misi bersama, yakni menempatkan kreativitas dan ekonomi kreatif sebagai inti dari rencana pembangunan perkotaan untuk membuat kota-kota lebih aman, ulet, inklusif dan berkelanjutan, sejalan dengan Agenda PBB 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan.